Banjir Rob Berpotensi Terjang Pesisir Kepri, Perhatikan! Ini Imbauan BPBD

Minggu, 15 Mei 2022 - 21:46 WIB
loading...
Banjir Rob Berpotensi Terjang Pesisir Kepri, Perhatikan! Ini Imbauan BPBD
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat mewaspadai potensi rob. Foto/Ilustrasi
A A A
BATAM - Banjir rob berpotensi menerjang pesisir Kepulauan Riau (Kepri), selama empat hari ke depan, yakni 15-19 Mei 2022. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepri, mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir rob tersebut.



"Stasiun BMKG Hang Nadim Batam, memprediksi fenomena banjir rob melanda sejumlah wilayah di pesisir Kepri," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kepri, M. Hasbi.



Menurutnya banjir rob dapat berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.



Apabila warga menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, diminta segera menghubungi instansi penanganan bencana terdekat. "Masyarakat harus selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari gelombang tinggi dan pasang maksimum air laut," ujarnya.

Hasbi menyebut, adanya aktivitas pasang air laut dan curah hujan tinggi dapat mempengaruhi terjadinya banjir rob. "Tetap pantau informasi resmi BMKG untuk mendapatkan kondisi cuaca terkini," ucapnya.



Berdasarkan data BMKG, lanjutnya, beberapa wilayah yang berpotensi terjadi banjir rob, untuk Kota Batam Pesisir yaitu Kecamatan Batu Aji, Sekupang, Nongsa dan sekitarnya. Kota Tanjungpinang Pesisir, di antaranya Kecamatan Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Barat, Bukit Bestari dan sekitarnya.

Kabupaten Bintan Pesisir yakni Kecamatan Bintan Utara, Teluk Sebong, Bintan Timur dan sekitarnya. Kabupaten Karimun Pesisir di Kecamatan Meral, Kelurahan Pamak dan sekitarnya. Kabupaten Anambas Pesisir di Kecamatan Siantan, Siantan Timur dan sekitarnya, dan Kabupaten Natuna di Kecamatan Bunguran Timur, pesisir Pulau Laut dan sekitarnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)