Aksi Buruh Geruduk Gedung DPRD Jatim Tuntut Revisi Penetapan UMK 2022

Sabtu, 14 Mei 2022 - 14:07 WIB
loading...
Aksi Buruh Geruduk Gedung DPRD Jatim Tuntut Revisi Penetapan UMK 2022
Ribuan buruh melakukan konvoi. Foto: Putra/SINDOnews
A A A
SIDOARJO - Ribuan buruh menggelar demo memperingati Hari Buruh Sedunia, di Gedung DPRD Jatim, Surabaya. Aksi buruh ini mendapatkan pengawalan ketat petugas kepolisian.

Para buruh berasal dari Sidoarjo, pasuruan, Mojokerto, dan Gresik. Mereka melakukan konvoi ke Kota Surabaya dan menuntut Gubernur Jatim agar revisi kenaikan UMK 2022.

Koordinator Aksi Buruh, Choril Anam mengatakan, pihaknya menuntut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk merevisi penetapan UMK 2022, karena dianggap tidak seimbang dengan kenaikan harga kebutuhan pokok.

Baca juga: Demo Revisi UMK, Buruh di Bandung Barat Sweeping Pabrik

"Kami mendesak Gubernur Jatim segera merevisi penetapan UMK 2022, karena tidak sesuai dengan kenaikan harga barang kebutuhan pokok saat ini," katanya, Sabtu (14/5/2022).

Meski aksi berlangsung damai, konvoi ribuan buruh di Kota Surabaya ini membuat arus lalu lintas di sejumlah Jalan Protokol Kota Sidoarjo padat cenderung macet.



Baca: Keukeuh Tidak Revisi UMK, Gubernur Banten Minta Polisi Tindak Buruh yang Duduki Ruang Kerjanya

Sementara itu, Kapolres Sidoarjo, Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, pihak mengamankan dan mengawal aksi buruh ini dari Sidoarjo dan sejumlah kota lain seperti Pasuruan, Mojokerto, dan Gresik agar tertip dan aman.

"Sebanyak 500 personel kami kerahkan untuk mengawal aksi buruh di gedung DPRD Jatim ini," pungkasnya.
(san)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2867 seconds (11.97#12.26)