Hujan Deras Landa KBB, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga

Selasa, 10 Mei 2022 - 04:47 WIB
loading...
Hujan Deras Landa KBB, Sejumlah Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga
Petugas BPBD bersama aparat kewilayahan dan warga melakukan pemotongan pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin deras yang sempat menutupi badan jalan dan mengganggu arus lalu lintas, Senin (9/5/2022). Foto/Dok.BPBD
A A A
BANDUNG BARAT - Hujan deras yang disertai angin kencang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) secara tiba-tiba pada Senin (9/5/2022) sore.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah pohon tumbang, seperti di Kampung Petir RT 02/05, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, serta di Kampung Cipanas RT01/01, Desa Rajamandala Kulon Kecamatan Cipatat. Baca juga: Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Halmahera Utara Rusak



Pohon tumbang di Kampung Petir, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, selain menutup akses jalan juga menimpa sebuah rumah. Sementara pohon tumbang di Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, menimpa kios air minum isi ulang.

"Penyebab pohon tumbang itu karena hujan deras yang disertai angin kencang," kata Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo saat dikonfirmasi.

Duddy menyebutkan, peristiwa pohon tumbang tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Pihaknya baru menerima laporan sekitar pukul 17.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kedua peristiwa tersebut, hanya saja, angin kencang menimbulkan kerusakan materi karena kontruksi rumah mengalamai kerusakan.

Menurutnya, hujan yang turun di sejumlah wilayah KBB secara merata itu memang cukup deras dan disertai angin kencang. Akibatnya pohon yang akarnya tidak kuat dan sudah tua akhirnya roboh dan sempat menghalangi arus lalu lintas karena menghalangi jalan.

"Kondisi kios air minum isi ulang tersebut mengalami rusak ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa," sambungnya.

Lebih lanjut dikatakannya, petugas bersama aparat kewilayahan dan warga bergotong royong melakukan pemotongan pohon yang menghalangi arus lalu lintas.

Sekaligus membersihkan material di permukaan jalan agar kendaraan bisa kembali melintas dengan lancar. "Lokasi kejadian bencana sudah terkendali dan arus lalu lintas sudah berjalan lancar kembali," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)