Menag Sampaikan Pesan untuk Saling Memaafkan saat Halal Bihalal Alumni Ponpes Babakan Ciwaringin

Sabtu, 07 Mei 2022 - 19:49 WIB
loading...
Menag Sampaikan Pesan untuk Saling Memaafkan saat Halal Bihalal Alumni Ponpes Babakan Ciwaringin
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan, Abdul Khaliq Ahmad menghadiri Halal Bihalal dan Reuni Nasional Makom Albab di Ciwaringin, Cirebon. Foto/MPI/Hasan Hidayat
A A A
CIREBON - Halal bihalal dan reuni nasional Majelis Komunikasi Alumni Babakan (Makom Albab), berlangsung penuh makna, Sabtu (7/7/2022). Dalam acara tersebut, Menag, Yaqut Cholil Qoumas mengirimkan utusannya, Direktur Pendidikan Agama Islam dan Pondok Pesantren Ditjen Pendis Kemenag, Waryono Abdul Ghofur.



Waryono Abdul Gafur membacakan sambutan Menag, yang menyampaikan pesan menyentuh. Yakni mengajak semua kembali fitra kepada kemanusiaan. "Semoga kita kembali fitrah kepada kemanusiaan, yang mampu menjalankan fungsi spiritual kita sebagai hamba Allah," ucapnya.



Dikatakannya, tradisi yang masih dilanjutkan selama Bulan Syawal adalah Halal Bihalal. Tradisi ini menjadi momentum untuk menyempurnakan ibadah selama Ramadan. "Mari saling membuka pintu maaf kepada sesama, kesediaan untuk meminta maaf menjadi sikap yang sangat penting, dalam menjalani kehidupan mendatang," ujarnya.



Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Kebon Jambu al-Islamy Hj. Masriyah Amva dalam sambutannya menyampaikan, alumni-alumni ini merupakan bintang-bintang pondok pesantren yang memperindah dan menyinari bumi Indonesia dengan ilmu dan iman. "Alhamdulillah, mudah-mudahan Babakan dengan mereka (alumni) wujud dari doa para sesepuh untuk mereka bermanfaat di tengah- masyarakat," ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPP Partai Perindo Bidang Keagamaan yang juga alumni Abdul Khaliq Ahmad. "Ini sebagai ajang silaturrahim alumni Pondok Pesantren Babakan Ciwaringin, kebetulan saya juga bagian dari komunitas alumni, sebagai dewan pakar," ungkap Abdul di sela kegiatan.



Menurutnya, ada dua hal yang menarik dalam kegiatan tersebut, yang pertama adalah dengan berkumpul kembali sahabat lama, ini sangat berkesan baginya. Kemudian, ini merupakan forum silaturahim yang bisa menguatkan dan mengokohkan persaudaraan kebangsaan.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3301 seconds (0.1#10.140)