Puncak Arus Balik Diprediksi Sabtu-Minggu, Polres Cimahi Siapkan Langkah Ini

Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:57 WIB
loading...
Puncak Arus Balik Diprediksi Sabtu-Minggu, Polres Cimahi Siapkan Langkah Ini
Arus balik kendaraan pemudik di wilayah Padalarang yang masuk ke gerbang tol sejauh ini belum ada peningkatan karena diprediksi puncak arus balik terjadi Sabtu dan Minggu. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Arus balik pemudik yang telah merayakan lebaran di kampung halaman diprediksi mengalami puncaknya pada Sabtu dan Minggu ini. Hal tersebut karena mayoritas aktivitas pekerja sudah kembali dimulai pada Senin (9/5/2022).

"Pergerakan arus balik pemudik sudah mulai terasa, namun kami memprediksi puncaknya akan terjadi pada Sabtu dan Minggu," kata Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan, Jumat (6/5/2022).

Baca jugaa: Titik Kepadatan Arus Balik Ada di KM 72 sampai 52, Wakapolri Ungkap Penyebabnya

Menurutnya di jalur Lembang dan Padalarang pemudik yang kembali ke tempat mereka beraktivitas sudah terlihat. Hal itu bisa dilihat dari pelat nomer kendaraan luar daerah, dan pergerakan wisatawan yang sudah banyak meninggalkan Lembang.

Kendaraan dari arah Lembang menuju Kota Bandung didominasi roda empat dari luar daerah seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, Cianjur, dan daerah lain. Sehingga untuk melancarkan pergerakan pengendara pada arus balik ini, pihaknya menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Untuk melakukan pengamanan dan rekayasa arus lalu lintas seperti one way selama momen arus balik pemudik maupun wisatawan, pihaknya sudah menyiapkan ratusan personel yang disiagakan di kawasan objek wisata Lembang dan juga Padalarang.

"Personel yang disiapkan untuk pengaturan arus balik kurang lebih sekitar 200 personel yang kami sebar dari mulai perbatasan Kota Bandung hingga Tangkuban Parahu, Subang," sebutnya.

Selama arus balik ini, pihaknya mengimbau kepada para pemudik pengendara motor dan mobil untuk lebih bersabar. Jangan sampai emosi atau menerobos jalur ketika petugas menerapkan sistem one way, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Bagi pemudik, kalau sudah merasa cape istirahat, harus tenang jangan emosi saat terjebak dalam kemacetan," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)