Antisipasi Limpahan Arus dari Tol, Polres Salatiga Akan Terapkan One Way

Jum'at, 06 Mei 2022 - 12:13 WIB
loading...
Antisipasi Limpahan Arus dari Tol, Polres Salatiga Akan Terapkan One Way
Arus lalu lintas di kawasan exit tol Tingkir, Salatiga terpantau lancar. Foto/Ist
A A A
SALATIGA - Satlantas Polres Salatiga telah menyiapkan skenario penanganan kemacetan akibat limpahan arus lalu lintas dari jalan tol saat arus balik Lebaran. Adapun langkah yang dilakukan apabila terjadi kemacetan, yakni menerapkan one way (satu arah) dari exit tol ke arah Tingkir.

Kemudian dari Tingkir, arus lalu lintas akan dimasukkan ke Jalan Lingkar Selatan (JLS). Sedangkan arus lalu lintas menuju Kota Salatiga dipecah di beberapa titik.



Kasatlantas Polres Salatiga AKP Bety Nugroho menjelaskan, penerapan one way mulai dari exit tol hingga simpang tiga Tingkir dilakukan apabila volume kendaraan bermotor yang ke luar dari tol sudah banyak dan arus lalu lintas padat.

Selama pemberlakuan one way, maka persimpangan menuju perkampungan warga, stasiun pengisian bahan bakar di kawasan exit tol dan simpang empat Karang Balong akan ditutup sementara.

"Rekayasa itu (one way) sudah kami terapkan saat terjadi kepadatan arus beberapa hari lalu. Meski hanya kami terapkan selama 10 menit, namun bisa mengurai penumpukan kendaraan di exit tol," katanya, Jumat (6/5/2022).

Dia mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan jajaran Polres Boyolali dan Polres Semarang dalam penanganan kepadatan lalu lintas saat arus balik Lebaran. Ini dilakukan agar penanganan bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

"Jadi jika sewaktu-waktu pengalihan arus lalu lintas dari jalan tol ke jalur alteri dilakukan, kami bisa langsung bergerak cepat," ujarnya. Baca Juga: Polres Salatiga Serahkan Mobil Hilang, Pemilik: Awalnya Tak Yakin Bisa Ditemukan

Tekait situasi arus lalu lintas di exit tol hingga siang ini, Bety menyatakan masih lancar. "Arus lalu lintas di exit tol sampai saat ini terpantau masih lancar," ucapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)