Berpusat di Daratan, BMKG Sebut Gempa Pesawaran Akibat Aktivitas di Dekat Gunung Bentung

Selasa, 03 Mei 2022 - 22:20 WIB
loading...
Berpusat di Daratan, BMKG Sebut Gempa Pesawaran Akibat Aktivitas di Dekat Gunung Bentung
Gempa bumi bermagnitudo 2,5 mengguncang Pesawaran, Lampung, Selasa (3/5/2022) pukul 20.20 WIB. Foto/BMKG
A A A
PESAWARAN - Gempa bumi bermagnitudo 2,5 menggetarkan Pesawaran, Lampung. BMKG melaporkan, gempa bumi yang berpusat didaratan tersebut, dipicu oleh adanya aktivitas Sesar Lokal Tarahan dekat Gunung Betung, Bandar Lampung.



"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal Tarahan dekat Gunung Betung, Bandar Lampung," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, Selasa (3/5/2022).



BMKG mencatat, gempa bumi terjadi pukul 20:20:46 WIB. Sementara itu, dari hasil analisa BMKG menunjukkan episenter terletak pada koordinat 5.4 LS dan 105.22 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Tenggara Pesawaran, Lampung, pada kedalaman 10 km.



Gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG, dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Teluk Betung dengan Skala Intensitas I - II MMI. Yakni, getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.



Hingga saat ini, menurut Hartanto belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hngga pukul 20:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. "Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7024 seconds (0.1#10.140)