Vaksinasi dan Prokes, Kunci Pengaman Lonjakan Kasus Selama Libur Lebaran

Kamis, 28 April 2022 - 12:51 WIB
loading...
Vaksinasi dan Prokes, Kunci Pengaman Lonjakan Kasus Selama Libur Lebaran
Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran setelah dua tahun membatasinya. Konsekuensinya, mobilitas masyarakat akan mengalami lonjakan yang signifikan, sehingga muncul risiko penyebaran COVID-19 selama libur Lebaran. Foto ist
A A A
GORONTALO - Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran setelah dua tahun membatasinya. Konsekuensinya, mobilitas masyarakat akan mengalami lonjakan yang signifikan, sehingga muncul risiko penyebaran COVID-19 selama libur Lebaran.

Mengantisipasi hal ini, pemerintah mensyaratkan, mereka yang ingin mudik harus telah vaksin hingga dosis booster. Jika tidak, mereka harus menunjukkan hasil tes antigen hingga PCR. Mitigasi lain adalah percepatan vaksinasi. Baca juga: KSAD Dudung Lepas Mudik Bersama 1.206 Personel Mabesad



Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Gorontalo memanfaatkan waktu yang tersisa sebelum libur Lebaran tiba dengan menggalakkan vaksinasi agar kualitas imunitas masyarakat semakin baik guna melawan ancaman COVID-19.

"Komitmen kami adalah mengakselerasi vaksinasi sebagai upaya peningkatan kekebalan komunal di masyarakat. Sebab tak bisa dipungkiri, interaksi dan mobilitas masyarakat mengalami eskalasi yang signifikan lantaran adanya momen libur Lebaran ," ujar Kabinda Gorontalo, Suryono dalam keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

Pada pelaksanaanya, kata Suryono, jajarannya menggunakan metode jemput bola dan bekerja sama dengan berbagai instansi maupun organisasi sosial kemasyarakatan. Misalnya, dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Gorontalo.

Selain vaksinasi, Kabinda Gorontalo ini juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan saat beraktivitas. Baca juga: H-4 Lebaran, Tol Jakarta-Merak Alami Kemacetan Lebih dari 4 Kilometer

"Dengan vaksinasi hingga booster, kita harapkan tidak terjadi lonjakan kasus COVID-19 pasca libur Lebaran Idul Fitri. Namun, saya juga berharap hal ini perlu diselaraskan dengan mempraktikkan prokes pada masyarakat di manapun mereka berada," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)