BPJS Kesehatan Buka Posko Mudik di Pelabuhan Makassar

Rabu, 27 April 2022 - 12:22 WIB
loading...
BPJS Kesehatan Buka Posko Mudik di Pelabuhan Makassar
BPJS Kesehatan membuka posko mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Foto/Dok SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali menghadirkan posko mudik di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar sebagai pelayanan kesehatan dan tempat beristirahat secara gratis untuk para pemudik.

BPJS Kesehatan menyediakan posko mudik di tujuh titik. Mulai dari Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek Km 57, Rest Area Tol Ungaran Km 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Rest Area Banjaratma Km 260B Brebes, hingga Rest Area Cipali Km 164B Majalengka.



Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan , Andi Afdal, mengatakan Posko Mudik BPJS Kesehatan hadir selama 26 April-1 Mei mendatang, kemudian kembali beroperasi selama arus balik mulai 4-8 Mei, khusus di dua tempat yakni di Rest Area Tol Trans Jawa.

"Jadi rencananya selama arus mudik dan arus balik ini kita mengadakan posko di sini. Sebenarnya hal ini pernah kita lakukan sekitar tahun 2019-2020 sebelum Covid-19, dan ini sudah rutin kita lakukan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia berharap melalui posko mudik yang disiapkan BPJS Kesehatan mampu menjadi tempat pelayanan kesehatan bagi para pemudik sehingga memberikan benefit terhadap kenyamanan para pemudik.

"Benefit yang orang bisa dapat di sini bisa, terutama bisa konsultasi dan pelayanan medis kemudian pemeriksaan kesehatan sederhana. Tentu saja hal yang sifatnya emergensi dan harus diselesaikan dengan cepat dan fasilitas bisa tersedia di KKP mereka kemudian bisa dilayani di sini. Tentu saja kalau hal itu mendapatkan perawatan yang lebih tinggi lagi akan kita rujuk ke beberapa tempat yang sudah kita kordinasikan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihak BPJS yang bekerja sama dengan PPK juga memberikan pelayanan, baik bagi masyarakat yang bukan peserta JKM secara gratis.

"Masyarakat umum semua yang datang bukan hanya peserta JKM mereka bisa mendapatkan tempat untuk istirahat sejenak bisa relaksasi, mendapatkan informasi terkait dengan kesehatan," tegasnya.

"Tentu saja kita kerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kita sudah atur siftnya kita juga menjaga supaya teman-teman bekerja tetap mempunyai hak istirahat, sehingga ada yang bisa bergantian," sambung dia.



BPJS Kesehatan memprediksi antusiasme pemudik tahun luar biasa meningkat, mengingat sudah dua tahun masyarakat menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data survei Badan Litbang Kementerian Perhubungan, prediksi orang bepergian menggunakan transportasi laut sebesar 1.400.000 penumpang atau naik sebanyak 234 persen dari tahun 2021. Pelabuhan Makassar diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang yang tinggi.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)