Anak Gunung Krakatau Erupsi Akibatkan Nelayan di Lampung Selatan Merugi

Rabu, 27 April 2022 - 00:32 WIB
loading...
Anak Gunung Krakatau Erupsi Akibatkan Nelayan di Lampung Selatan Merugi
Deretan kapal nelayan disandarkan di pantai. Nelayan setempat terpaksa tidak melaut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau hingga mengakibatkan gelombang tinggi. Foto: iNewsTV/Heri Fulistiawan
A A A
LAMPUNG SELATAN - Erupsi anak Gunung Krakatau hingga menyemburkan lava pijar dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan nelayan di Lampung Selatan merugi karena tidak melaut.

Walau sudah 2 hari terpantau cukup tenang, dampak erupsi gunung anak krakatau masih dirasakan oleh para nelayan di dermaga muara piluk, lampung selatan.



Gelombang ombak tinggi dan kencangnya angin dirasakan para nelayan yang biasanya mencari ikan di dekat gunung anak krakatau.

Sebagian nelayan memilih nekat untuk melaut, walau begitu mereka pun khawatir dengan semburan abu vulkanik dan lava pijar yang dikeluarkan dari bibir kawah.



Nelayan yang nekat melaut juga menyebut mereka merugi disebabkan karena hasil laut yang berkurang.

Saat kondisi normal, para nelayan bisa mendapat 5 ton ikan dalam sekali berlayar.



“Namun akibat erupsi Gunung Anak Krakatau mereka hanya bisa membawa pulang 2 ton hasil tangkapan laut, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” kata seorang nelayan, Rohedi.

Sementara itu, nelayan lain bernama Burhanudin mengatakan, dirinya tak berani melaut lantaran kapal kecil yang ia nakhodai tak kuat menerjang tingginya ombak laut.

Dia pun mengaku hanya bisa berutang kepada pemilik kapal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Saya tidak berani melaut karena cuaca buruk, apalagi kapal kecil,” ujarnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)