Divonis Mati, Predator Seks Herry Wirawan Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung

Selasa, 26 April 2022 - 12:57 WIB
loading...
Divonis Mati, Predator Seks Herry Wirawan Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung
Herry Wirawan, terpidana mati kasus pemerkosaan belasan santriwati mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas vonis mati yang telah dijatuhkan PT Bandung. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Herry Wirawan akhirnya mengajukan kasasi kepada Mahkamah Agung (MA) atas vonis mati yang telah dijatuhkan Pengadilan Tinggi (PT) Bandung. Pengajuan kasasi merupakan keputusan yang dipilih terpidana mati kasus pemerkosaan terhadap belasan santriwati hingga hamil dan melahirkan itu.

Keputusan tersebut diungkapkan Ira Mambo, kuasa hukum Herry Wirawan menanggapi langkah hukum yang akan diambil Herry usai divonis mati PT Bandung.



"Iya (kasasi)," ungkap Ira Mambo saat dikonfirmasi, Senin (26/4/2022).

Ira menjelaskan, setelah menerima salinan putusan PT Bandung, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Herry Wirawan yang kini mendekam di Rutan Bandung. Menurutnya, opsi kasasi didasari pertimbangan upaya hukum kliennya.

Ira juga menegaskan bahwa pengajuan kasasi bukan semata-mata bahwa pihaknya meminta keringanan hukuman untuk kliennya, melainkan untuk memperkuat putusan pada tingkat pertama atau tingkat kedua (banding).

"Ketika kasasi itu, beliau (hakim) memutus di luar putusan tingkat pertama atau kedua. Kan pertama seumur hidup, kedua mati dan restitusi. Nah, nanti kasasi ini misalnya lebih rendah atau lebih tinggi, jadi istilahnya menguatkan banding atau PN atau dia bikin putusan sendiri. Nah, itu kewenangan hakim sendiri, jadi tidak meminta hukumannya diringankan," jelasnya.



Saat ini, tambah Ira, pihaknya tengah menyusun materi kasasi yang akan diajukan ke MA melalui Panitera PN Bandung. "Lagi diurus," katanya.

Sebelumnya diberitakan, vonis mati terhadap Herry Wirawan diputuskan Hakim PT Bandung dalam sidang banding yang diajukan oleh jaksa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)