Verifikasi Dukungan Calon Independen, KPU Solo Rekrut 300 Verifikator

Jum'at, 19 Juni 2020 - 16:26 WIB
loading...
Verifikasi Dukungan Calon Independen, KPU Solo Rekrut 300 Verifikator
Kantor KPU Solo nampak dari depan, Jumat (19/6/2020). Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - KPU Solo merekrut verifikator guna membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam melakukan verifikasi dukungan terhadap bakal calon indepen. Petugas verifikator direkrut berdasarkan lokasi lokasi data pendukung yang diterima KPU.

Anggota KPU Solo Divisi Perencanaan Data dan informasi, Kajad Pamudji Joko Waskito mengatakan, verifikator akan melakukan verifikasi data sekitar 35.000 pendukung yang diajukan bakal calon indepen.

“Lokasinya tersebar di 54 kelurahan. Karena begitu banyak, maka tidak mungkin diampu oleh PPS dan PPK (panitia pemilihan kecamatan),” kata Kajat Pamudji Joko Waskito kepada SINDOnews, Jumat (19/6/2020).(Baca juga : Isu Rekomendasi DPP PDIP Turun, Ini Respon Rudy dan Gibran )

Sehingga PPS diberikan kewenangan untuk merekrut verifikator, terutama di wilayah dukungan yang banyak. Seperti kelurahan Semanggi, dan Kelurahan Panjang yang membutuhkan 15 verifikator. Kemampuan PPS untuk verifikasi terbatas karena jumlahnya hanya 3 orang. “Direkrut (verifikator) berdasarkan alamat alamat yang tertera dalam daftar nama nama pendukung yang telah dikirimkan,” terangnya.

Proses verifikasi dukungan calon independent akan berlangsung 24 Juni 2020 hingga 14 hari ke depan. Jumlah verikator untuk masing masing kelurahan berbeda sesuai kebutuhan. Jika ditotal, dibutuhkan sekitar 300 verifikator. Sebelum diterjunkan ke lapangan, verifikator yang direkrut bakal menjalani bimbingan teknis terlebih dahulu. Verifikator berasal dari lokasi lokasi yang banyak data pendukung yang diajukan calon perseorangan.

Sehingga benar benar menguasai kondisi lapangan, termasuk data data yang akan diverifikasi. Bimbingan teknis untuk para verifikator rencananya akan dilakukan Senin (22/6/2020) pekan depan. Verifikator yang direkrut harus independent dan tidak berpihak kepada pasangan bakal calon manapun di Pemilihan Wali Kota Solo (Pilwalkot).

Sebelumnya, langkah pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) maju Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo melalui jalur independent semakin mulus. Dari 41.425 berkas syarat dukungan yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, sebanyak 36.006 berkas dukungan dinyatakan memenuhi syarat.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3573 seconds (0.1#10.140)