Isu Rekomendasi DPP PDIP Turun, Ini Respon Rudy dan Gibran

Rabu, 17 Juni 2020 - 17:45 WIB
loading...
Isu Rekomendasi DPP PDIP Turun, Ini Respon Rudy dan Gibran
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Achmad Purnomo. FOTO : DOK SINDOnews
A A A
SOLO - Nama Calon Wali Kota yang bakal diusung PDIP dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo , Jawa Tengah tahun 2020 terus menjadi pusat perhatian publik. Terlebih belakangan santer beredar isu bahwa rekomendasi DPP PDIP telah turun.

Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo menjadi perhatian publik, termasuk secara nasional. Sebab terdapat nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka. Gibran bersaing dengan Achmad Purnomo yang diusulkan DPC PDIP Solo. Achmad Purnomo sendiri kini menjabat Wakil Wali Kota Solo.

“Biasanya kalau rekomendasi mau turun, ketua (Ketua DPC PDIP Solo) diundang, calon juga diundang,” kata Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) saat dikonfirmasi, Rabu (17/6/2020).(Baca juga : Purnomo Sempat Mundur, Ketua DPC PDIP Solo: Bukan Manuver Politik )

Rudy mengaku sejauh ini dirinya belum mendapatkan undangan terkait turunnya rekomendasi nama calon yang akan diusung di Pilwalkot Solo. Dalam rapat koordinasi dengan DPP PDIP secara daring belum lama ini juga tidak menyinggung soal Pilwalkot, termasuk calon yang diusung. Rapat terkait konsolidasi pembentukan anak ranting, ranting, pengurus anak cabang (PAC), dan badan badan partai. Rudy menegaskan sejauh ini rekomendasi DPP PDIP belum turun.

Jika telah turun, dia berjanji bakal langsung menginformasikan kepada wartawan. Rekomendasi akan turun kepada DPC PDIP Solo. Surat rekomendasi DPP PDIP dipastikan nantinya tidak bisa palsu karena ada hologram khusus. Setelah DPC PDIP Solo nanti menerima surat rekomendasi, perwakilan pengurus anak ranting, ranting, dan PAC akan diundang guna diberi tahu calon yang diusung.

Setelah itu, giliran calon yang diusung akan diundang DPC PDIP Solo. “Setelah itu baru membentuk tim pemenangan,” tegas Rudy yang juga menjabat Wali Kota Solo.

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Sukarno Putri terkait siapa calon yang diusung dalam Pilwalkot Solo. Sebagai kader, DPC PDIP Solo siap menjalankan perintah partai.

Terpisah, Gibran Rakabuming Raka menyerahkan sepenuhnya kepada DPP PDIP terkait nama yang diusung dalam Pilwalkot Solo. “Soal rekomendasi itu kita tunggu saja. Karena itu wilayah DPP dan menjadi Keputusan Ibu Ketua Umum,” kata Gibran melalui WhatsApp.

Gibran mengakutengah fokus membantu meringankan beban warga akibat COVID-19 di Solo. Dirinya bersama tim fokus dalam kegiatan kemanusiaan seperti pembagian sembako, penyemprotan disinfektan, ronda bareng warga, pembagian wastafel, handsanitizer, masker dan lainnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2085 seconds (0.1#10.140)