Tol Cisumdawu Bisa Dilalui, Pemudik Lebaran Tak Lagi Lewati Cadas Pangeran

Jum'at, 22 April 2022 - 13:40 WIB
loading...
Tol Cisumdawu Bisa Dilalui, Pemudik Lebaran Tak Lagi Lewati Cadas Pangeran
Jalan Tol Cisumdawu bisa dilintasi pemudik Lebaran 2022 khususnya yang mengarah ke Sumedang dan sekitarnya hingga exit tol Cimalaka. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Kabar menggembirakan bagi para calon pemudik, khususnya yang mengarah ke Sumedang dan sekitarnya menyusul pengoperasian Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada musim mudik Lebaran 2022.

Tol Cisumdawu diputuskan dapat dilintasi pemudik hingga exit tol Cimalaka atau seksi III. Dengan demikian, pemudik yang mengarah ke Sumedang dan sekitarnya tak perlu lagi melewati jalur Cadas Pangeran.



"Kemudian, jalur (Tol) Cisumdawu yang sering ditanyakan media itu sudah boleh dipergunakan sampai exit tol Cimalaka," ujar Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Kang Emil dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2022 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

"Bisa diulangi lagi, kepada yang mudiknya ke arah Sumedang dan Majalengka, tidak usah lewat Cadas Pangeran. Bisa lewat Cisumdawu sampai exit tol Cimalaka. Itu berita baik di hari ini yang mungkin masyarakat ingin ketahui," sambung Kang Emil menegaskan.

Diketahui, Pembangunan Tol Cisumdawu terbagi ke dalam enam seksi, yakni seksi I Cileunyi-Rancakalong, seksi II Rancakalong-Sumedang, seksi III Sumedang-Cimalaka, seksi IV Cimalaka-Legok, seksi V Legok-Ujung Jaya, dan seksi VI Ujung Jaya-Dawuan.



Pembangunan Tol Cisumdawu dikerjakan oleh pemerintah bekerja sama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Adapun seksi I dan II dikerjakan oleh pemerintah. Sedangkan pengerjaan seksi III-VI menjadi kewenangan BUJT.



Tol Cisumdawu juga dikenal sebagai jalan tol satu-satunya di Indonesia yang memiliki terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5828 seconds (0.1#10.140)