Rutin Lakukan Penggeledahan, Rutan Salatiga Pastikan Bebas Narkotika dan Barang Berbahaya

Jum'at, 22 April 2022 - 10:07 WIB
loading...
Rutin Lakukan Penggeledahan, Rutan Salatiga Pastikan Bebas Narkotika dan Barang Berbahaya
Petugas Rutan Salatiga saat menggeledah kamar hunian warga binaan, Kamis (21/4/2022) malam. Foto/Ist
A A A
SALATIGA - Rutan Salatiga memastikan lingkungan rumah tahanan ini bebas dari narkotika dan benda berbahaya yang bisa mengganggu keamanan ketertiban seperti senjata tajam, handphone maupun benda larangan lainnya. Ini dipastikan setelah petugas melakukan penggeledahan kamar hunian warga binaan serta tempat lainnya secara mendadak pada Kamis (21/4/2022).

Dalam penggeledahan, petugas tidak menemukan narkotika maupun benda-benda larangan di dalam Rutan. Kepala Rutan Salatiga Andri Lesmano mengatakan, pihaknya terus melakukan langkah antisipasi dan deteksi dini untuk menjaga kondusivitas serta gangguan keamanan di Rutan Salatiga. Jajaran petugas terus melakukan penggeledahan kamar hunian dan area lingkungan Rutan secara berkala.



"Selain menjadi tugas rutin, kegiatan kali ini juga dalam rangka menyukseskan program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menjelang peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Tahun 2022 yang mengusung tema Pemasyarakatan PASTI dan BERAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju. Disisi lain juga untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif pada bulan suci Ramadhan ini," katanya.

Dia mengatakan, dalam setiap kegiatan, petugas juga melakukan sosialisasi dan penyuluhan terkait tata tertib warga binaan. "Ini dilakukan agar setiap warga binaan memahami aturan yang harus ditaati. Sehingga mereka bisa paham dengan kewajiban maupun haknya," ujar Andri.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Keamanan Rutan Salatiga Kumroji menyatakan, dalam pemeriksaan kamar hunian dan lingkungan Rutan, tidak ditemukan barang-barang yang berbahaya seperti Narkotika dan Handphone. "Penggeledahan dalam rangka momentum Pemasyarakatan Bersih-Bersih ini, kami tidak menemukan narkoba maupun barang larangan lainnya," katanya.

Kumroji mengapresiasi warga binaan yang terus menjaga keamanan dan kenyamanan selama menjalani pidana di Rutan Salatiga yang saat ini dihuni oleh 171 Orang.

"Kami ucapkan terima kasih kepada semua warga binaan yang telah menjaga keamanan dan kenyamanan bersama di Rutan sehingga pelaksanaan pembinaan bisa berjalan dengan baik dan lancar," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)