Beri Semangat dan Bantu Petani, Ibas Petik Daun Teh Hijau di Kebun Teh Jamus Ngawi

Kamis, 21 April 2022 - 22:11 WIB
loading...
Beri Semangat dan Bantu Petani, Ibas Petik Daun Teh Hijau di Kebun Teh Jamus Ngawi
Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersama petani di kebun teh Jamus, Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
NGAWI - Sejuknya udara dan hijaunya hamparan perkebunan teh sangat terasa saat Safari Ramadan sekaligus reses anggota DPR RI di Kebun Teh Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Ngawi, Jawa Timur, Rabu (21/4/2022). Perjalanan dimulai dengan mengunjungi pabrik Teh Jamus.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melihat langsung proses pembuatan teh dan mencoba beberapa tahapan produksi menggunakan mesin pabrik.



“Ternyata memproduksi teh itu memerlukan proses yang rumit dan waktu cukup lama. Dimulai dari pemetikan daun teh, pelayuan, pememaran, oksidasi, pengolahan, penguningan, pembentukan, pengeringan, hingga pemeliharaan,” kata Ibas.

“Sehingga butuh ketelatenan dan ketekunan yang lebih. Saya salut dengan Bapak-Ibu sekalian atas kerja kerasnya setiap hari, demi menciptakan teh kualitas terbaik. Apresiasi dan dukungan saya untuk pabrik Teh Jamus ini semoga terus berkembang dan bisa dikenal lebih luas lagi,” imbuhnya.

Selain prosesnya yang panjang, menurut Ibas banyaknya khasiat dari teh hijau juga menjadi daya tarik tersendiri. “Seperti yang kita tahu, teh hijau memliki banyak manfaat. Sebagai antioksidan, membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan konsentrasi, dan lainnya. Akhirnya, pabrik teh yang panjenengan sedoyo kelola meniko akan memberikan banyak manfaat, termasuk menyerap tenaga kerja,” terangnya.

Usai dari pabrik, Ibas mengelilingi Agro Wisata Jamus dan melihat mata air sumber Lanang. Mata air tersebut digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro kawasan Jamus. Selain itu, konon katanya sumber mata air ini diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti asam urat, pegal linu, bahkan stroke dan meningkatkan energi.



Ibas kemudian melanjutkan perjalanan ke perkebunan teh Jamus peninggalan zaman kolonial Belanda yang sekarang dikelola oleh PT Candi Loka.

Di kebun, Ibas bertemu dengan petani pemetik daun teh dan ikut serta memetik bersama para pekerja. Gerimis yang mulai berjatuhan tidak menyurutkan semangat Ibas dan para petani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2296 seconds (0.1#10.140)