Kerusakan Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong Terus Disorot

Selasa, 19 April 2022 - 16:34 WIB
loading...
Kerusakan Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong Terus Disorot
Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong semakin mengalami kerusakan padahal proyek tersebut baru tiga bulan selesai pembangunannya. Foto SINDOnews
A A A
CIBINONG - Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong semakin mengalami kerusakan padahal proyek tersebut baru tiga bulan selesai pembangunannya. Sebelumnya Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong tersebut sudah mengalami kerusakan pada Februari 2022 dimana jalan tersebut nampak berlubang-lubang dan mengalami retak. Lalu oleh pihak kontraktor diperbaiki, namun perbaikan tersebut tidak maksimal sehingga kembali mengalami kerusakan yang semakin parah.

Baca : Baru 3 Bulan Selesai Dibangun Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong Sudah Retak dan Berlubang

Padahal jalan tersebut merupakan jalan alternatif pengganti Jalan Lipi untuk akses menuju ke Citeureup atau sebaliknya yang dihubungkan dengan Jembatan Kalibaru II yang kerap dilalui masyarakat.

Ketua LSM Pasundan Idris Santoso yang telah meninjau ke lokasi menyesalkan rusaknya proyek yang baru selesai dibangun tersebut. "Kalau saya lihat di lokasi kondisi kerusakannya semakin parah dan belum ada perbaikan. Kemungkinan ada indikasi dugaan dikerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan. Kita lihat saja di lapangan secara kasat mata proyek senilai sekitar Rp900 jutaan sudah retak-retak padahal baru seumur jagung," kata Idris Santoso, Selasa (19/4/2022).

Sebelumnya jalan tersebut selesai dibangun pada akhir Desember 2021 tapi telah mengalami kerusakan pada awal Februari 2022 berupa lubang-lubang kecil dan telah diperbaiki. Namun satu bulan kemudian kembali mengalami kerusakan yang semakin parah.

Karenanya dia meminta Polda Jawa Barat bisa menurunkan tim untuk melihat dan mengecek langsung proyek Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong yang terletak di Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor tersebut.

"Ini perlu dipantau aparat Polda Jabar dan Kejati kondisinya bagaimana. Sehingga kedepannya jika ada temuan dugaan pelanggaran bisa ditindaklanjuti," katanya.

Sebelumnya Forum Mahasiswa Bogor (FMB) juga telah meninjau proyek tersebut. Melalui Ketuanya Raju Zalikal menyatakan sikap meminta meminta Polda dan Kejati Jawa Barat bisa turun untuk meninjau langsung proyek Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong yang terletak di Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor tersebut.

Baca juga : Tinjau ke Lapangan, Mahasiswa Minta Polda Jabar Pantau Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong

"Saya ingin Polda Jabar dan Kejati bisa turun untuk memantau langsung pembangunan jalan ini, agar ada efek domino terhadap para kontaktor dan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam urusan pembangunan infrastruktur," kata Ketua FMB Raju Zalikal dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (13/4/2022)

Menurut dia, ini merupakan persoalan serius, masa baru beberapa bulan sudah rusak. "Saya pikir kita membangun untuk keperluan masa depan, jika begini keadaannya persoalan yang kita hadapi akan selalu sama," timpalnya.

Karenanya dia menilai konraktor harus bertanggung jawab terhadap proyek yang dibangunnya.

Sementara Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I Cibinong Dinas PUPR Kabupaten Bogor Nur Ichwan mengatakan, Jalan Lingkar Kebun Raya Cibinong dibangun pada masa kepala UPT dijabat Agus Sukwanto.

Menurut dia, saat ini masih dalam pemeliharaan jadi tetap akan diperbaiki oleh kontraktor. "Karena masih dalam pemeliharaan tentunya akan segera diperbaiki," kata Nur Ichwan yang baru menjabat .
(sms)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2853 seconds (11.210#12.26)