Polda Jabar Pastikan Sarana-Personel Siap Sambut Pemudik Lebaran 2022

Senin, 18 April 2022 - 17:29 WIB
loading...
Polda Jabar Pastikan Sarana-Personel Siap Sambut Pemudik Lebaran 2022
Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana saat meninjau kesiapan pos pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022. Foto/Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Polda Jawa Barat memastikan kesiapan sarana dan prasarana hingga personel dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Kepastian tersebut disampaikan Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana. Menurut Suntana,kepastian diperoleh setelah pihaknya melakukan peninjauan ke sejumlah pos pengamanan arus mudik Lebaran 2022.

"Sejauh ini, baik sarana prasarana dan personel telah siap untuk mengamankan jalur mudik Lebaran 2022," kata Suntana dalam keterangan resminya, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Rombongan Grup Musik Debu Kecelakaan di Tol Probolinggo 2 Tewas, 4 Luka

Suntana juga menegaskan, seluruh personel kepolisian di wilayah hukum Polda Jabar untuk melaksanakan kegiatan sesuai cara bertindak yang telah diperintahkan.

"Dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan kemanusiaan di masa pandemi ini," katanya.

Sementara itu, Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza menyatakan, pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap rest area di sepanjang jalur yang kerap dilintasi pemudik.

Untuk memberikan pelayanan kepada pemudik, Polda Jabar membangun pos-pos pelayanan terpadu di rest area. Bariza juga memastikan, para petugas rest area siap memberikan pelayanan kepada para pemudik selama arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Untuk persiapannya kita koordinasi dengan pengelola tol dan rest area karena nanti akan disiapkan pos pelayanan terpadu yang melibatkan Polri, TNI, Dinkes, Dishub, dan lainnya," ujar Bariza.

Di pos layanan terpadu itu, lanjut Bariza, pihaknya juga menyiapkan fasilitas lain seperti ruang ibu menyusui, ruang bermain anak, pijat refleksi, pelayanan kesehatan, vaksinasi COVID-19 dan lainnya yang disediakan untuk para pemudik, agar mereka merasa nyaman saat beristirahat di rest area tersebut.

Terkait antisipasi penumpukan kendaraan di rest area, Bariza menyatakan bahwa petugas akan menutup pintu masuk rest area dan memasang rambu imbauan bahwa rest area penuh, sehingga dapat beristirahat di rest area selanjutnya.

"Saat arus lalu lintas sangat crawded dan antrean kendaraan mencapai badan jalan tol, maka kita melaksanakan contra flow sebidang yang diberlakukan sebelum dan sesudah rest area," jelasnya.

Minggu 17 April 2022 kemarin, Bariza bersama rombongan pun telah melakukan pengecekan kesiapan Pos Pengamanan Rest Area Tol Palikanci-Pejagan Km 228A, Km 130A di wilayah hukum Polres Indramayu, dan Km 207A di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2515 seconds (0.1#10.140)