Jelang Libur Lebaran, Pengamanan Lapas dan Rutan Diperketat

Kamis, 14 April 2022 - 11:20 WIB
loading...
Jelang Libur Lebaran, Pengamanan Lapas dan Rutan Diperketat
Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 1 Surabaya di Medaeng Sidoarjo Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur (Jatim) Teguh Wibowo memerintahkan seluruh jajaran lembaga pemasyaratan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) untuk memperketat pengamanan. Hal ini untuk merespon agenda libur-cuti bersama selama Idul Fitri 1443 H/ 2022 M.

Hal itu disampaikan Teguh saat meninjau Lapas Perempuan Malang, Kamis (14/4/2022). Teguh yang disambut Kepala Lapas Tri Anna Aryati, memeriksa seluruh kondisi lapas yang khusus perempuan itu.

“Saya perintahkan seluruh jajaran lapas/rutan jangan sampai abai dalam masa libur dan cuti bersama selama lebaran ini. Jangan sampai ada WBP (warga binaan pemasyarakatan) yang kabur," katanya.



Teguh mengingatkan bahwa ada kewajiban pelayanan publik yang tetap harus dilaksanakan dalam masa-masa tersebut. Tidak semua pegawai, kata Teguh, bisa menikmati libur penuh selama masa cuti bersama dan lburan Idul Fitri.

Petugas lapas/rutan termasuk yang harus tetap bertugas di masa liburan. “Tetap waspada, tingkatkan pengawasan dan jangan abai. Hal ini agar tidak ada tahanan yang kabur memanfaatkan kelengahan petugas,” urai Teguh.

Ia juga mengingatkan para pimpinan khususnya kepala lapas/rutan harus siaga di tempat kerja. Seluruh jajaran juga harus memberikan perhatian lebih pada aspek pengamanan. Pengamanan itu mencakup aspek pengamanan kantor, sarana dan prasarana, hingga pengamanan informasi.

“Lakukan juga pengamanan pribadi pegawai seperti menjaga diri dari kecelakaan lalu lintas, infeksi COVID-19, hingga mitigasi diri dari kejahatan selama bekerja,” tutur Teguh.

Sebelumnya, pemerintah telah resmi mengumumkan libur dan cuti bersama Idul Fitri 1443 H yaitu mulai 29 April hingga 6 Mei 2022. Total, masyarakat bisa menikmati libur selama sepuluh hari.

Berbeda dengan pelayanan publik pada umumnya, selama liburan tersebut, pelayanan di lapas/rutan tetap berjalan normal. “Hati-hati, jangan lengah. Periksa ketat semua baarang bawaan untuk mencegah penyelundupan barang terlarang,” pungkas Teguh.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)