Pasien COVID-19 Malut Bertambah, Lokasi Karantina Over Kapasitas

Kamis, 18 Juni 2020 - 21:01 WIB
loading...
Pasien COVID-19 Malut Bertambah, Lokasi Karantina Over Kapasitas
Jubir COVID-19 Malut, Alwiah Assagaf. FOTO : MNC Media/ ismail sangaji
A A A
TERNATE - Penyebaran virus Corona (COVID-19) di Maluku Utara (Malut) belum bisa diatasi. Kamis (16/6 2020) kasus positif COVID-19 bertambah 21 orang. Sementara ruang isolasi dan tempat karantina over kapasitas.

21 pasien positif COVID-19 ini berasal dari hasil pemeriksaan PCR Prodia Ternate sebanyak 1 orang, PCR Makassar 14 orang dan tes cepat molekuler di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesorie Ternate sebanyak 6 orang. Hasil tersebut menambah jumlah kasus pasien positif di Malaku Utara menjadi 343 kasus.

Kasus positif ini tersebar di beberapa kabupaten kota, yakni Kota Ternate sebanyak 15 orang, 3 orang dari Halmahera Selatan, 2 orang dari Kota Tidore Kepulauan dan 1 orang dari Kabupaten Halmahera timur.(Baca juga : Gugas Covid-19 Maluku Utara Tingkatkan Pencegahan dan Penanganan Wabah )

Sementara kasus sembuh COVID-19 di Provinsi Maluku Utara bertambah 1 orang, berdasarkan tes cepat molokuler dengan hasil negatif ke 2, yakni pasien 93 inisial (SS) asal Kota Ternate. "Sehingga kasus sembuh menjadi 49 orang. Sedangkan kasus meninnggal dunia tidah berubah masih 22 orang,“ ujar Jubir COVID-19 Malut, Alwiah Assagaf.

Meningkatnya jumlah pasien COVID-19 di Maluku Utara menambah beban kapasitas ruang isolasi RSUD Chasan Boesorie Ternate dan tempat karantina Sahid Bela Hotel. Pemerintah berencana akan menjadikan asrama haji, Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Ternate sebagai tempat karantina.

Koordinator Bidang Humas Gugus Tugas Maluku Utara, Mulyadi Tutupoho mengatakan bahwa lokasi karantina disiapkan oleh masing-masing kabupate/kota. "Prinsipnya Gugus Tugas Provinsi dalam hal ini akan tetap berkoordinasi dan membekap Kota Ternate dalam hal penyediaan lokasi karantina baru,” pungkas Mulyadi.
(nun)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)
pixels