Cegah Demo Mahasiswa Ricuh, Polisi Sisir Anggota Anarko di Bandung

Senin, 11 April 2022 - 15:47 WIB
loading...
Cegah Demo Mahasiswa Ricuh, Polisi Sisir Anggota Anarko di Bandung
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung. Foto/Dok
A A A
BANDUNG - Jajaran Polrestabes Bandung melakukan penyisiran terhadap anggota kelompok Anarko untuk mencegah kericuhan dalam aksi demonstrasi mahasiswa yang dipusatkan di kawasan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (11/4/2022).

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung menyatakan, pihaknya menerjunkan sedikitnya 820 personel untuk mengamankan jalannya aksi di kawasan pusat pemerintahan Provinsi Jabar itu.

Baca juga: Hari Ini Ratusan Mahasiswa Bandung Geruduk Gedung Sate

Selain menerjunkan ratusan personelnya, pihaknya juga melakukan rekayasa lalu lintas demi kenyamanan mahasiswa yang menyampaikan aspirasi.

"Kita lakukan pengamanan di sana. Lalin ada sebagian kecil yang kita alihkan, tidak semuanya. Jadi, yang dekat lokasi (aksi demonstrasi) saja. Kemudian untuk personel yang disiapkan sebanyak 820 personel, ada Sabhara dan Brimob," ujar Aswin.

Aswin juga memastikan, atas perintah Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, seluruh personel yang terjun mengamankan jalannya aksi tidak dilengkapi senjata.

"Atas perintah Kapolri, saya sebagai pimpinan unras mahasiswa. Kita perintahkan tidak ada senpi, pentungan kita nggak bawa. Kita hanya pasang badan saja, jadi itu untuk mengamankan saja," tegas Aswin.

"Kita persuasif, komunikasi. Tidak ada lebih dari itu. Dengan komunikasi yang baik, tidak ada yang fatal," lanjut dia.



Lebih lanjut Aswin mengatakan, untuk mencegah masuknya penyusup yang berpotensi membuat aksi demonstrasi mahasiswa ricuh, pihaknya bersama jajaran Polsek se-Kota Bandung sejak kemarin telah melakukan penyisiran.

Penyisiran salah satunya dilakukan terhadap anggota kelompok Anarko yang kerap membuat aksi demonstrasi menjadi ricuh. Dia menegaskan, kelompok Anarko dan sebagainya tidak diperbolehkan hadir di Bandung.

"Untuk Anarko dan sejenisnya tidak boleh ada lagi di Bandung. Jadi, kelompok yang ingin membuat onar Bandung sudah saya beresin dengan para Kapolsek. Sudah menyisir mereka, kalau ada yang gerak kemari, sudah kami kandangi di Polsek sana, tidak boleh," tegasnya.

Bahkan, Aswin memastikan, pihaknya pun sudah menyampaikan imbauan tegas untuk anggota kelompok pengacau itu kepada RT, RW, hingga kelurahan.

"Dari kemarin kami sudah masuk ke kantung-kantung mereka, sudah kami antisipasi," katanya.

Pihaknya pun berharap, aksi demonstrasi mahasiswa di Kota Bandung berjalan kondusif, terlebih pihaknya pun melakukan pengamanan dengan cara yang persuasif.

"Kalau sudah persuasif, kita kerahkan patroli Sabhara untuk memantau lokasi, untuk mengantisipasi kelompok yang mengganggu mahasiswa. Dalam aturannya, (aksi demonstrasi) sampai jam 18.00, kita lihat nanti," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2071 seconds (0.1#10.140)