Gubernur Khofifah Gandeng Sejarawan Kumpulkan Dokumen Reog Ponorogo

Jum'at, 08 April 2022 - 20:56 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Gandeng Sejarawan Kumpulkan Dokumen Reog Ponorogo
Gubernur Khofifah gandeng sejarawan kumpulkan dokumen Reog Ponorogo. Foto: Lukman/SINDOnews
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Ponorogo, saat ini tengah mengumpulkan arsip dan dokumen sejarah Reog Ponorogo, sebagai warisan budaya Indonesia.

"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur juga akan menggandeng ahli sejarah untuk menelusuri dokumen sejarah Reog Ponorogo," kata Khofifah, kepada wartawan, Jumat (8/4/2022).

Pengumpulan dokumen dan arsip sejarah ini untuk keperluan pendaftaran warisan budaya Indonesia ke UNESCO.



Sebelumnya, Malaysia dikabarkan telah lebih dahulu mendaftarkan Reog sebagai warisan budaya tak benda kepada UNESCO. Merasa kecolongan, pemerintah Indonesia akan menyusul laporan ke UNESCO.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto mengatakan, Reog Ponorogo merupakan warisan budaya yang sangat berharga bagi wilayah Jawa Timur dan Indonesia.



"Kami sedang menyiapkan arsip dan dokumentasi sejarah sebagai syarat utama. Kami juga akan menggandeng ahli sejarah untuk mengumpulkan bukti sejarah keberadaan Reog sebagai kesenian asli Ponorogo," sambungnya.

Dalam pengumpulan bukti-bukti itu, pihaknya mengaku menemui kendala karena lemahnya dokumentasi yang dimiliki. Hal ini menjadi penting, untuk memenuhi syarat dan meyakinkan bahwa Reog lahir dari Ponorogo.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8158 seconds (0.1#10.140)