Daop 6 Yogyakarta Batalkan Semua Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Jum'at, 24 April 2020 - 18:03 WIB
loading...
Daop 6 Yogyakarta Batalkan Semua Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh
PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang membatalkan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh. FOTO : IST
A A A
YOGYAKARTA - Keputusan pemerintah untuk melarang warga mudik langsung ditindaklanjuti PT Kereta Api Indonesia (KAI). Begitu juga dengan PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang membatalkan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh.

Pembatalan ini berlaku untuk semua kereta jarak jauh menuju arah Barat (Jakarta / Bandung) maupun arah Timur (Surabaya / Ketapang) mulai 25 April 2020.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengungkapkan, sebelum pemberlakuann aturan masih terdapat 4 perjalanan KA Jarak Jauh yang melintas di Daop 6 Yogyakarta. Kereta kereta tersebut adalah KA Bima, KA Kahuripan, KA Wijayakusuma, dan KA Ranggajati. "Namun mulai tanggal 25 April 2020 terdapat penghentian atau pembatalan sementara seluruh perjalanan KA tersebut," terangnya dalam siaran pers di Yogyakarta Jumat (24/4/2020).

Dijelaskannya, pembatalan ditetapkan ditetapkan hingga 30 April 2020. Kemudian kebijakan ini akan dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan. Jika terdapat perpanjangan waktu maka akan diinformasikan kembali secara resmi.

Dengan adanya pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh tersebut secara tidak langsung membuat seluruh stasiun di wilayah Daop 6 yang antara lainnya Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Wates, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun, Stasiun Klaten, Stasiun Sragen, dan stasiun - stasiun lainnya di wilayah Daop 6 Yogyakarta untuk sementara waktu tidak melayani keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh.

“Mulai tanggal 25 April 2020 untuk sementara waktu, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Klaten hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang," tandasnya.

Dengan demikian, saat ini hanya tersisa 8 perjalanan KA Lokal Prameks yang masih tetap beroperasi seperti biasa. Hal ini untuk mengakomodir perjalanan penumpang yang memang terdapat kepentingan mendesak atau memiliki pekerjaan yang tidak dapat ditinggalkan.

Adapun KA Prameks yang masih beroperasi antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta - Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta Pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan - Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan Pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB.

Bagi penumpang yang kereta apinya batal berangkat, pihaknya akan mengembalikan tiketnya 100%. Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

"Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh dan Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai, "pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)