Meski Medan Sulit, Satgas Yonif 123/RW Patroli Cek Patok Batas Negara RI-Papua Nugini

Sabtu, 02 April 2022 - 09:01 WIB
loading...
Meski Medan Sulit, Satgas Yonif 123/RW Patroli Cek Patok Batas Negara RI-Papua Nugini
Pos Jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali melaksanakan patroli patok perbatasan di sepanjang erbatasan Selatan Papua tepatnya di Wilayah Kabupaten Merauke, Papua. (Ist)
A A A
MERAUKE - Memastikan patok batas Negara Kesatuan Republik Indonesia selalu dalam keadaan aman, kondisi baik dan terjaga, Pos Jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali melaksanakan patroli patok perbatasan di sepanjang perbatasan Selatan Papua tepatnya di Wilayah Kabupaten Merauke, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Kamis, (31/3/2022) lalu.

Dansatgas mengungkapkan bahwa kegiatan patroli patok batas negara ini merupakan salah satu tugas pokok dari Satgas Yonif 123/Rajawali dengan tujuan meminimalisasi atau mencegah dan mengatasi apabila terdapat ancaman dari pihak asing maupun kegiatan kriminalitas lintas batas di wilayah perbatasan antar kedua Negara.

“Salah satu tugas Satgas Pamtas RI-PNG adalah menjaga keutuhan wilayah perbatasan negara, serta mengatasi ancaman pada masa sekarang maupun yang akan datang terhadap kedaulatan negara yaitu dengan melaksanakan patroli menuju ke patok perbatasan negara sebagai cek poinnya,” ucap Dansatgas.

Sementara itu, Letda Inf Aldo Indajaya (Pasi Ops Satgas) menyebutkan pelaksanaan patroli ini ditempuh dengan medan yang tidak mudah dengan kondisi bervariasi dari semak Belukar, Hutan, Rawa hingga Melewati Sungai. Baca: Polres Cimahi Larang Warga Gelar Sahur On The Road, Ini Alasannya.

“Sepanjang perjalanan saat melintasi medan tersebut dilakukan dengan kewaspadaan dan penuh hati-hati sebab keadaan alam Papua yang masih jarang terjamah sehingga kita tidak tahu bahaya apa yang mengancam.” ujar Aldo.

Pelaksanaan Patroli patok Perbatasan ini dilaksanakan oleh seluruh pos yang memiliki tanggung jawab patok dan dengan semangat yang kuat Satgas Yonif 123/RW berhasil melaksanakan patroli dalam keadaaan aman meskipun terdapat kendala dan hambatan itu adalah sebuah tantangan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)