Cuaca Mendung, Posisi Hilal di Manado Masih di Bawah Derajat

Jum'at, 01 April 2022 - 17:15 WIB
loading...
Cuaca Mendung, Posisi Hilal di Manado Masih di Bawah Derajat
Kanwil Kemenag Sulut bersama dengan BMKG Stasiun Geofisika Manado menggelar rukyatul hilal awal Ramadhan 1443 H di Rooftop Mega Trade Center, Jumat (1/4/2022). Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut) bersama dengan BMKG Stasiun Geofisika Manado, SUlawesi Utara menggelar rukyatul hilal awal Ramadhan 1443 H di Rooftop Mega Trade Center, Jumat (1/4/2022).

Kakanwil Kemenag Sulut, Anwar Abubakar mengatakan bahwa untuk sementara pemantauan hilal cuaca sedikit agak mendung, agak tertutup awan sehingga agak susah.



"Hasil perhitungan sementara baik yang dilakukan oleh badan hisab rukyat mau pun BMKG Provinsi Sulawesi Utara maka tinggi hilal untuk sore hari ini itu masih di bawah derajat itu 1 derajat 49 menit 18 detik. Sehingga mungkin memang kalau kita mau melihat secara langsung ini agak susah, kita berharap mudah-mudahan cuaca bisa menjadi lebih baik sebentar nantinya," tutur Anwar Abubakar.

Hasil dari pemantauan ini kata dia akan dikirimkan kepada Kementerian Agama sebagai salah satu data pendukung untuk dijadikan bahan pada pelaksanaan sidang Isbat.

Sementara Koordinator BMKG Sulut Tony Agus Wijaya mengatakan bahwa dari data BMKG, tinggi hilal hari ini adalah 1 derajat 23 menit.



"Meski potensinya kecil tapi kita terus mengamati dan apa pun hasilnya kita kirim ke pusat untuk ditentukan dalam sidang isbat bersama kementerian agama," kata Tony.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1812 seconds (0.1#10.140)