Kuota Mahasiswa Asal Gunungkidul di Vokasi UNY Belum Terpenuhi

Rabu, 17 Juni 2020 - 21:53 WIB
loading...
Kuota Mahasiswa Asal Gunungkidul di Vokasi UNY Belum Terpenuhi
Rektor UNY Sutrisna Wibawa memberikan keteran pers di Kantor Disdikpora Gunungkidul. Foto SINDOnews
A A A
GUNUNGKIDUL - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali melakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada guru-guru SMA/SMK dari seluruh Kabupaten Gunungkidul. Langkah ini dilakukan menyusul belum terpenuhi ya kuota ahi calon mahasiswa asla Gunungkidul untuk bisa kuliah di Kampus yang sebentar lagi berdiri di Gunungkidul tersebut.

Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengungkapkan, dari 142 calon mahasiswa baru yang diterima di gelombang pertama, hanya 45 yang dari Gunungkidul. "Sisanya justru dari luar. Makannya Kita kembali sosialisasi karena masih ada kesempatan sampai kuota 50 persen adalah calon mahasiswa asli Gunungkidul," terangnya kepada wartawan di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Rabu (17/6/2020).

Dijelaskannya saat ini pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Gunungkidul. Layan yang digunakan untuk kampus UNY di Gunungkidul merupakan lahan milik Pemkab Gunungkidul. Dengan kerjasama ini, pihaknya berusaha keras menargetkan 50 persen mahasiswa berasal dari Gunungkidul.

Menurut rencana pihaknya akan membuka kampus baru di Gunungkidul pada bulan September mendatang. Saat ini, kampus yang berada di desa Pacarejo, Semanu masih dalam proses penyelesaian. (Baca: Peringati HUT Polri ke-74, Polda DIY Gelar Donor Darah)

"Melihat progres kami optimis buka. Agustus pembangunan gedung selesai dilaksanakan. Jadi saat dibuka pada bulan September nanti, sudah siap digunakan untuk aktivitas perkuliahan," tandas tokoh yang ancang - ancang maju di Pilkada Gunungkidul ini.

Kampus Vokasi UNY di Gunungkidul ini untuk tahap awal akan menampung 240 mahasiswa pada angkatan pertama. Sebanyak 6 prodi disiapkan, di mana daya tampung masing-masing prodi sebanyak 40 mahasiswa.

Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid menjelaskan, pihaknya berusaha membantu UNY untuk sosialisasi lanjutkan. Pihaknya juga belum mengetahui masih minimnya minta LULUSAN SMA sederajat di Gunungkidul melanjutkan ke Vokasi UNY tersebut. "Kita belum tahu karena informasinya yang belum sampai atau bagaimana, maka kita membantu dengan mengundang guru guru SMA/SMK," ulasnya.

Dia berharap, para guru bisa meneruskan informasi ke pelajar lulusan SMA/SMK karena masih ada kesempatan mendaftar di Vokasi UNY kampus Gunungkidul.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5939 seconds (0.1#10.140)