Jelang Ramadhan, Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Gowa Aman

Kamis, 31 Maret 2022 - 17:49 WIB
loading...
Jelang Ramadhan, Harga dan Stok Kebutuhan Pokok di Gowa Aman
Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa turun langsung memantau harga dan ketersediaan bahan pokok di beberapa pasar, minimarket dan distributor dan agen di wilayah Gowa, Kamis (31/3/2022). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Harga dan stok kebutuhan pokok di Kabupaten Gowa dipastikan aman dan terkendali menjelang bulan suci Ramadhan.

Hal ini berdasarkan hasil pemantauan langsung Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Gowa di beberapa pasar, minimarket dan distributor dan agen di wilayah Gowa, Kamis (31/3/2022).



"Setelah kita melakukan pemantauan, Alhamdulillah pada prinsipnya H-2 sebelum Ramadhan tidak ada pergerakan harga yang signifikan," kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Akbar Mu'in.

Ia menjelaskan, ada tiga pasar yang menjadi lokasi pemantauan, yaitu Pasar Induk Minasamaupa, Pasar Sentral Sungguminasa dan Pasar Bu'rung-Bu'rung di Kecamatan Pattallassang serta sejumlah distributor dan agen terigu, gula, minyak dan gas LPG. Sedangkan untuk minimarket dilakukan di wilayah Kecamatan Somba Opu dan Pallangga.

"Pada prinsipnya harga-harga masih tetap sama dengan minggu lalu. Kita berharap mudah-mudahan setelah memasuki Ramadhan bahkan hingga Idul Fitri harga ini tetap. Walaupun ada pergerakan harga kita berharap masih dalam batas kewajaran," ungkapnya.

Begitu pun stok kebutuhan pokok yang ada di agen-agen, sampai saat ini tersedia, seperti gula, terigu, dan tabung gas elpiji. Begitu pula dengan minyak goreng yang akhir-akhir ini dikeluhkan masyarakat.

Penjual tidak lagi kesusahan mendapatkan stok minyak seperti sebelumnya. "Tapi hanya memang harganya yang meningkat karena adanya pencabutan subsidi," ungkapnya.

Selainnya mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan pokok, Akbar Mu'in juga menyebutkan pada kesempatan ini, tiga tim yang turun juga mengecek tanggal kedaluwarsa sejumlah kebutuhan pokok di minimarket. Ia berharap semua kebutuhan pokok yang dikonsumsi masyarakat khususnya selama Ramadhan aman.

"Namun Alhamdulillah berdasarkan laporan dari tim yang turun di minimarket, mereka tidak menemukan barang yang kadaluarsa. Pengalaman tahun lalu di minimarket banyak barang-barang yang sudah kadaluarsa masih dipajang. Padahal untuk kesehatan Itu sangat berbahaya," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6404 seconds (0.1#10.140)