Harlah IPNU dan IPPNU Gresik, Wagub Emil Ajak Generasi Tingkatkan Skill Digital

Selasa, 29 Maret 2022 - 06:22 WIB
loading...
Harlah IPNU dan IPPNU Gresik, Wagub Emil Ajak Generasi Tingkatkan Skill Digital
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Harlah IPNU dan IPPNU di PCNU Gresik. Foto/ist
A A A
GRESIK - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak mengajak generasi milenial untuk membangun skill lebih kreatif dan inovatif di era yang kompetitif.

"Inilah yang akan kita cari di momen harlah (hari lahir), bagaimana IPNU dan IPPNU dapat menghadapi ini. Kedepan, Gresik ingin dikenal seperti apa, dan sebagai apa itu tergantung panjenengan (kalian)," kata Emil pada puncak harlah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ke-68 Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ke-67 PC IPNU-IPPNU Gresik di PCNU Gresik, Senin (28/3/2022) malam.

Baca juga: Tabrakan Maut di Jalur Pantura, Pasutri Tewas Terpental dan Terjepit Kabin Pikap

"Apalagi Gresik dikenal sebagai kawasan industri, dan memiliki posisi yang strategis. Di revolusi industri 4.0 di era internet pun, jika sebagai buruh pun harus melek internet. Ini yang memang harus kita bangun," imbuh Emil.

Didepan ratusan pemuda yang terdiri dari GP Anshor dan Fatayat PCNU Gresik, Emil menyampaikan terdapat beberapa tantangan yang dirasakan oleh para milenial. Antara lain yakni era disrupsi, yaitu terjadinya inovasi dan perubahan secara fundamental yang mengubah sistem, tatanan dan landscape ke cara baru.

Selain itu, menurut Emil terdapat pula tantangan era globalisasi. Yaitu era media sosial yakni tersedianya media daring dan era Gig Economy yaitu kecenderungan milenial menjadi pekerja temporer yang fleksibel tanpa terikat.

Oleh karena itu, mantan Bupati Trenggalek tersebut juga mengajak para milenial menjadi seorang kompetitif di era teknologi digital. "Peluang menjadi karyawan semakin turun karena teknologi. Semua harus benar-benar merubah paradigma bagaimana pola pikir menjadi kreatif," ujar Emil.

Selain itu, dirinya juga mengajak para kaum muda untuk mewarnai konten dengan hal kreatif dan inovatif. Dimana hal tersebut, juga menjadi jawaban atas tantangan kondisi jaman di era digital. "Jangan selalu menjadi penonton. Buatlah konten yang bermanfaat. Kreatifitas dan inovatif yang sebelumnya belum pernah ada," kata Emil.

Mantan bupati Trenggalek itu juga mengatakan, saat ini Gresik memiliki banyak investasi, salah satunya Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) yang merupakan kawasan industrial, para milenial diajak agar memiliki UMKM.

"Kami ingin mengajak IPNU dan IPPNU untuk menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif. Apa yang kami lakukan di Pemprov Jatim untuk itu? Kita ada program Milenial Job Center untuk membantu UMKM di Jatim yang kami jodohkan dengan talenta muda berbakat yang menggeluti desain, pengembangan konten dan selanjutnya," jelas Emil.

Dari adanya kolaborasi tersebut, Emil menyampaikan jika saat ini sudah ada 4.200 pelaku UMKM yang berkembang, yang dibantu oleh 1.500 anak muda seluruh Jatim. "Kami akan menjalin kerjasama program tersebut dengan IPNU dan IPPNU Gresik untuk membantu mengembangkan bakat dan skill para milenial baik dari Gerakan Pemuda Anshor dan Fatayat,” ujar Emil
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2850 seconds (0.1#10.140)