Buka Akses Kesehatan Perempuan dan Anak, Intibios Perkuat Momentum Kebangkitan Bali

Senin, 28 Maret 2022 - 20:47 WIB
loading...
Buka Akses Kesehatan Perempuan dan Anak, Intibios Perkuat Momentum Kebangkitan Bali
Peresmian Intibios Lab, Klinik, dan Farmasi di Denpasar, Bali. (Ist)
A A A
DENPASAR - Bali adalah salah satu daerah yang strategis di Indonesia dengan potensi pariwisatanya . Bali juga menjadi salah satu wilayah yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 . Karena itu, momentum kebangkitan Bali seiring datangnya era “new normal” juga harus mengikutkan penguatan sektor kesehatan.

Apalagi layanan kesehatan yang membuka akses bagi perempuan dan anak sebagai kelompok strategis di masyarakat. Penguatan sektor kesehatan yang melayani perempuan dan anak akan membawa multiplier effect yang besar dan berjangka panjang. Demikian disampaikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati ketika meresmikan Intibios Lab, Klinik, dan Farmasi di Denpasar, Bali (27/03/2022).

“Saya menyambut baik kehadiran Intibios Lab, Klinik & Farmasi di Denpasar karena akan membuka akses layanan kesehatan kepada perempuan dan anak. Tes kesehatan kepada perempuan dan anak dapat mencegah penyakit dan masalah kesehatan lainnya yang akan berdampak bagi kestabilan rumah tangga dan masyarakat," ujar menteri yang akrab disapa Bintang.

"Mencegah penyakit pada perempuan dan anak bukan saja mencegah pengeluaran untuk kesehatan, tapi juga menjaga uang, waktu, dan tenaga yang dimiliki masyarakat untuk difokuskan pada kegiatan produktif,” tambahnya.

Bintang melanjutkan, kehadiran Intibios di Denpasar, yang merupakan episentrum pariwisata Indonesia, memiliki makna strategis. Efek dari kesehatan masyarakat Denpasar akan membawa dampak bagi kebangkitan pariwisata dan ekonomi Bali.

“Jika Bali sehat, perempuan dan anak di Bali sehat, pariwisata dan ekonomi Bali akan bergerak cepat. Hasilnya kembali ke masyarakat juga. Pariwisata bangkit, ekonomi tumbuh, masyarakat juga akan lebih sejahtera dan makin sehat. Seperti lingkaran yang tak terputus,” papar perempuan Bali pertama yang diberi kepercayaan menjadi menteri itu.

Intibios Lab, Klinik & Farmasi adalah jaringan nasional layanan kesehatan terintegrasi. Awalnya, sejumlah pengusaha, dokter, dan tenaga ahli laboratorium berkolaborasi membangun laboratorium untuk membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Penguatan sektor kesehatan tidak saja membawa dampak kesehatan individu, tetapi juga produktivitas rumah tangga dan masyarakat. Kesehatan adalah investasi strategis untuk kekuatan bangsa di masa depan. Apalagi kesehatan perempuan dan anak. Intibios hadir untuk memberikan layanan terintegrasi yang dibutuhkan masyarakat. Dengan teknologi dan sistem informasi mutakhir, masyarakat akan mendapatkan akses kesehatan yang akurat dan tepercaya,” ujar Rio Abdurrachman, Direktur Utama Intibios Lab, Klinik, dan Farmasi pada acara peresmian tersebut.

Rio menjelaskan, pemeriksaan kesehatan melalui medical check-up dan tes yang dibutuhkan di laboratorium, konsultasi dokter, pencegahan penyakit melalui vaksinasi, dan penanganan masalah menggunakan obat-obatan yang disediakan oleh farmasi merupakan satu kesatuan mata rantai untuk membuat masyarakat tetap sehat, tetap produktif, dan bahagia.

“Kami ingin hadir dan menemani tumbuhnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan. Manfaat dari pemeriksaan kesehatan bukan hanya dirasakan oleh individu yang melakukannya, tapi juga meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pada umumnya. Masyarakat yang sehat akan menggerakkan ekonomi, apalagi di sektor pariwisata yang bertumpu pada pelayanan dan interaksi dengan manusia,” ujar Rio.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)