Hadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan

Senin, 28 Maret 2022 - 14:21 WIB
loading...
Hadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah memperkuat jaringan untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadhan dan Lebaran.Foto/dok
A A A
SURABAYA - PT XL Axiata Tbk ( XL Axiata ) telah memperkuat jaringan untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadhan dan Lebaran. Apalagi adanya pelonggaran dari pemerintah, mobilitas masyarakat juga akan meningkat.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, trafik semua layanan telekomunikasi, terutama data, diprediksi meningkat.

"Penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga 2x dibandingkan hari normal," katanya, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Polda Jatim Gerebek Tempat Hiburan Malam di Kenjeran, Peredaran 18 Butir Ekstasi Gagal

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10 persen selama Ramadhan dibandingkan trafik hari biasa. Kemudian akan meningkat hingga 15 persen saat masuk di masa libur Lebaran.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan. Ini karena tingginya mobilitas masyarakat saat masa libur Lebaran. "Pulau Jawa, akan menjadi perhatian khusus," katanya.



Selain itu, XL Axiata juga memperhitungkan kemungkinan peningkatan trafik yang terpacu oleh perkembangan teknologi. Setiap tahun tentunya teknologi semakin maju, yang diterapkan oleh smartphone dan gadget terbaru. Misalnya saja, trend penggunaan video streaming akan semakin meningkat manakala setiap level smartphone kini mampu menyediakan fitur akses video streaming yang mudah dengan kualitas maksimal.

"Saat ini, di hari normal biasa, trafik jaringan data XL Axiata sebesar 22 PB (Petabyte). Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga 3x dari hari normal," imbuh Gede.

Gede menambahkan, XL Axiata juga telah menyiagakan sumberdaya yang memadai, baik berupa tim teknis yang akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam dan 7 hari sepekan. Selain itu, juga dilakukan pengerahan armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. "Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi," terangnya.

Hingga akhir 2021 lalu, jaringan XL Axiata tersebar di 34 provinsi, total 458 kota/Kabupaten. Sebagian jaringan telah menembus dan melayani masyarakat di pelosok-pelosok daerah yang terpencil dan berada di perbatasan negara. Total sebanyak 162.000 BTS. Di antaranya 77.000 BTS 4G, dan jaringan fiber optik sepanjang lebih dari 113.000 kilometer, menopang kekuatan jaringan XL Axiata, untuk melayani 57,9 juta pelanggan.
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0926 seconds (10.177#12.26)