Anak-anak Muda Ponorogo Makin Giat Donor Darah untuk Bantu Sesama

Senin, 28 Maret 2022 - 12:52 WIB
loading...
Anak-anak Muda Ponorogo Makin Giat Donor Darah untuk Bantu Sesama
Kegiatan donor darah yang diadakan karang taruna Desa Prajegan, Ponorogo.Foto/ist
A A A
PONOROGO - Warga Desa Prajegan, Ponorogo, Jawa Timur ini layak menjadi contoh. Tak hanya warga, para perangkat desanya sudah langganan donor darah . Bahkan rata-rata jadi pendonor sembilan kali.

Karenanya, warga dan karang taruna (kartar) setempat semakin giat untuk mengadakan kegiatan sosial ini. Donor darah di tempat ini rutin tiga bulan sekali. Terhitung sejak pertama kali digelar sudah dua tahun terakhir ini donor darah diadakan secara konsisten.

Baca juga: PWNU Jatim Gelar Forum Musyawarah Alim Ulama Bahas Kriteria Pemimpin di 2024

"Terbaru pada Kamis (17/3) kemarin kami juga menggelar donor darah dengan mengambil tema Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri. Ada puluhan warga yang ikut donor, ada dari karta, warga desa dan termasuk perangkat desanya ikut donor, antusiasmenya lumayan tinggi," jelas Ketua Kartar Suryo Pandhowo Desa Prajegan, Ponorogo, Andry AR pada Senin (28/3/2022).

Mestinya bisa saja warga yang ikut donor darah lebih banyak, hanya saja karena kuota dibatasi dan waktu pengambilannya yang juga terbatas. Maka setiap periode 3 bulan yang ikut hanya sesuai kuota dari PMI setempat. Periode berikutnya akan melaksanakan lebih meriah lagi, terlebih pembatasan karena pandemi juga mulai dilonggarkan.

"Biasanya kami kalau gelar donor ada selingan acaranya, seperti pembagian door prize, nah kedepannya ini sudah kami rancang akan kami selingi juga dengan pembagian bibit pohon atau bunga untuk warga yang ikut donor," jelasnya.

"Kami berharap dengan kegiatan donor darah rutin ini bisa membantu PMI memenuhi kebutuhan darah, dengan adanya kegiatan rutin ini juga bisa mengasah kepekaan kami dan membangkitkam kepedulian sosial," ulasnya.

Koordinator Heppiii Community Ponorogo Andri Kristiawan mengatakan kegiatan rutinan ini dipicu dengan adanya gerakan donor serentak yang dilakukan seluruh karta di Indonesia timur tiap momen Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Baca juga: Membanggakan, Kolaborasi SMA-SMK di Jawa Timur Ukir Prestasi Tingkat ASEAN

Dalam donor ini seluruh karta yang tergabung dalam Heppiii Community di seluruh Indonesia timur menyumbangkan darahnya secara serentak, bahkan akibat kegiatan sosial itu sampai tercatat di rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

"Kini di Ponorogo menjadi kegiatan rutin, harapannya bisa membantu stok kebutuhan darah di PMI. Keberadaan karta juga bisa dirasakan oleh masyarakat lainnya," ungkapnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7262 seconds (0.1#10.140)