HT Bertemu dengan Pakubuwono XIII, Siap Majukan Pariwisata Keraton Solo

Sabtu, 26 Maret 2022 - 20:27 WIB
loading...
HT Bertemu dengan Pakubuwono XIII, Siap Majukan Pariwisata Keraton Solo
Executive Chairman MNC Grup Hary Tanoesoedibjo (HT) menerima samir atau selempang saat penyambutan di Keraton Kasunanan Surakarta di Kota Solo, Sabtu (26/3/2022). Foto/MPI/Bramantyo
A A A
SOLO - Executive Chairman MNC Grup Hary Tanoesoedibjo (HT) bertemu dengan penguasa Keraton Kasunanan Surakarta Sinuhun Pakubuwono XIII Hangabehi di Kota Solo, Sabtu (26/3/2022).

HT tiba di Keraton Kasunanan Surakarta pukul 17.28 WIB. Kedatangannya itu disambut dengan penyambutan tamu yang digelar oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta (Keraton Solo). Tiga shaf formasi Prajurit Keraton Solo berdiri di depan Kori Kamandungan.



Adik Sinuhun Pakubuwono XIII yang juga pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipokusumo menyambut HT.

Dipo langsung mengalungkan samir atau selempang kecil dengan hiasan gombyok di kedua sisinya. Samir merupakan tanda yang biasa dipakai para abdi dalem.

Setelah pengalungan samir, HT diantar adik raja menuju tempat kediaman Sinuhun Pakubuwono XIII di dalam lingkungan Keraton Kasunanan.

Pertemuan antara HT dengan Raja Keraton Solo berlangsung selama selama 27 menit.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipokusumo mengatakan pertemuan antara Raja Keraton Kasunanan dengan HT sebenarnya sudah lama direncanakan.

"Sebenarnya pertemuan ini sudah lama direncanakan dan baru terealisasi saat ini," papar Gusti Dipo.



Menurut Gusti Dipo, meski berlangsung singkat, pertemuan keduanya itu membawa hasil positif untuk kemajuan pariwisata di Karaton Kasunanan.

Dia menyebut Hary Tanoesoedibjo siap mendukung kemajuan pariwisata di Karaton Solo, terutama musiumnya.

"Pak Hary Tanoesoedibjo tadi menyatakan siap membantu kemajuan pariwisata Keraton, termasuk Musium Keraton. Semua itu untuk pelestarian budaya adiluhung," terang Gusti Dipo.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)