Hari Gini Jaringan Internet di Majalengka Belum Merata, Apa Langkah Pemkab ?

Sabtu, 26 Maret 2022 - 04:06 WIB
loading...
Hari Gini Jaringan Internet di Majalengka Belum Merata, Apa Langkah Pemkab ?
Beberapa daerah di Kabupaten Majalengka masih belum terjangkau jaringan internet.Foto/ilustrasi
A A A
MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka mengklaim jaringan internet sudah merata di semua daerah di wilayah ini. Namun, memang ada beberapa blok di desa tertentu yang masih masuk kategori blank spot.

Kabid Informatika Diskominfo Majalengka Ucu Supriatna mengatakan, kondisi geografis menjadi penyebab masih adanya beberapa daerah yang masih blank spot. Pasalnya, di Kabupaten Majalengka, khususnya di wilayah Selatan, ada beberapa daerah yang topografinya merupakan lembah, dikelilingi bukit.

Baca juga: Kota Bandung Cabut Aturan Ganjil Genap di Lima Gerbang Tol, Ini Alasannya

"Nah, warga yang tempat tinggalnya kebetulan di daerah yang geografisnya di bawah, itu masih blank spot. Tapi hanya beberapa blok. Kalau secara umum, sudah tersentuh," kata Ucu.

Namun demikian, blank spot tersebut, hanya sebatas jaringan internet. Adapun untuk jaringan telepon, semua daerah di Kabupaten Majalengka sudah bisa memanfaatkannya. "Ini lebih ke jaringan internet ya. Kalau telepon biasa mah, semua bisa," papar dia.

Terkait beberapa daerah yang masih blank spot, Ucu menegaskan sudah melakukan beberapa upaya. Daerah yang memiliki objek wisata, menjadi fokus utama pemerintah untuk penyediaan jaringan.

"Objek wisata menjadi fokus. Karena selain bertujuan untuk kenyamanan, juga keamanan. Ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, bisa segera dilaporkan, sehingga bisa segera ditangani pihak berwenang," beber dia.

Lebih jauh dijelaskan Ucu, tahun ini akan disusun masterplan smart city. Selanjutnya, 2023 mendatang mulai menata Kabupaten Majalengka sebagai Kota Cerdas. "Tujuan dari smart city untuk mempertinggi efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, dan meningkatkan kesejahteraan warga," jelas dia.

"Untuk mendukung terciptanya smart city dibutuhkan banyak persiapan. Master plan-nya akan disusun tahun 2022 dan implementasinya mulai 2023," lanjut dia.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)