Hayarna Hakim Promosikan Batik Luwu pada Pameran Inacraft 2022

Jum'at, 25 Maret 2022 - 21:28 WIB
loading...
Hayarna Hakim Promosikan Batik Luwu pada Pameran Inacraft 2022
Ketua Dekranasda Kabupaten Luwu, Hayarna Hakim, mempromosikan batik asal daerahnya pada pameran pameran The 22nd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
JAKARTA - Ketua Dekranasda Kabupaten Luwu , Hayarna Hakim, mempromosikan batik asal daerahnya pada pameran pameran The 22nd Jakarta Internasional Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2022. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (25/3/2022).

Istri Bupati Luwu itu tampak dengan ramah menyambut setiap pengunjung yang singgah di stan Kabupaten Luwu. Hayarna secara detail menjelaskan setiap produk yang terpajang.



Salah seorang pengunjung yang singgah dan membeli sejumlah produk asal Luwu yakni Ketua IWAPI Sulsel, Ainun Jariah.

"Kami punya lima motif batik. Ada motif Batara Guru, Sawerigading, I We Cudai, I Lagaligo, dan Sumpurusiang. Setiap motif ada enam pilihan warna," jelas Hayarna.

Ia menjelaskan batik motif Batara Guru mengandung makna kemakmuran, sebagaimana tujuan Batara Guru diturunkan ke Bumi untuk memakmurkan manusia.

"Motif Sawerigading bermakna sebagai sosok petualang dengan karakter mengembangkan diri dan berpikir untuk kemajuan tanah kelahirannya. Lalu, motif We Cudai bermakna sebagai karakter seorang ibu yang melindungi, meneduhkan dan menunjukkan keanggunan,"jelas Hayarna.

Selanjutnya, motif I La Galigo bermakna sebagai sosok tokoh dengan kepribadian pelopor, pemimpin, pekerja keras dan mandiri. Corak batik ini melambangkan ilmu pengetahuan dengan tambahan corak bunga yang bermakna tumbuh dan berkembang.

"Motif Simpurusiang, motif yang terinspirasi dari Pajung Luwu atau Datu Luwu pada periode Lontara. Motif ini menggambarkan kekuasaan Pajung Luwu di 8 penjuru mata angin yang di patuhi dan di taati rakyatnya," sebutnya.



Tertarik dengan motif-motif batik Luwu , Ketua IWAPI Sulawesi Selatan membeli beberapa kain batik Luwu dan berencana akan menggunakannya sebagai seragam anggota IWAPI.

"Nanti kita buat untuk seragam IWAPI Sulsel. Keren batiknya semoga laris manis. Mari kita saling support bersama-sama," ungkap Ainun.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2990 seconds (0.1#10.140)