5 Jam Terombang-ambing di Perairan Wakatobi, Belasan Penumpang KM Taman Wisata Dievakuasi

Jum'at, 25 Maret 2022 - 08:25 WIB
loading...
5 Jam Terombang-ambing di Perairan Wakatobi, Belasan Penumpang KM Taman Wisata Dievakuasi
Sebuah kapal motor (KM) Taman Wisata yang mengangkut belasan penumpang mengalami mati mesin di Perairan Wanci, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) , Kamis (24/3/2022) malam. Foto tangkapan layar
A A A
WAKATOBI - Sebuah kapal motor (KM) Taman Wisata yang mengangkut belasan penumpang mengalami mati mesin di Perairan Wanci, Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) , Kamis (24/3/2022) malam. Akibat insiden itu, sebanyak 12 penumpang panik karena terombang-ambing di laut.

Salah seorang anak buah kapal (ABK)) kemudian menghubungi pemilik kapal untuk menghubungi Basarnas guna mengevakuasi para penumpang. Setelah lima jam terombang ambing di tengah lautan, belasan penumpang dan ABK berhasil dievakuasi Tim SAR.



Koordinator Pos SAR Aakatobi, Laode Muhtasyam menuturkan bahwa KM Taman Wisata berlayar dari Pelabuhan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi menuju Pelabuhan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, sekitar pukul 14.00 Wita.

“Namun di tengah perjalanan, sekira pukul 15.20 Wita, selang pompa oli gearbox pecah dan mengalami kebocoran. Berbagai upaya telah dilakukan ABK untuk memperbaikinya, namun tidak membuahkan hasil,” tutur Laode, Jumat (25/3/2022).

Tim SAR, lanjut Laode, baru berhasil menemukan KM Taman Wisata sekitar pukul 19.01 Wita sekitar 2,87 mil dari lokasi terakhir kapal dikarenakan mengalami kerusakan mesin. Sebanyak 12 penumpang dan satu orang ABK KM Taman Wisata Gt 109 berhasil dievakuasi oleh Basarnas.

“Sementara lima orang ABK dan kapten kapal memilih bertahan di kapal sambil menunggu bantuan dari pemilik kapal yang akan datang membawa pengganti alat yang rusak,” ungkapnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)