Deteksi narkoba, satu terminal di tes urin

Kamis, 28 Februari 2013 - 14:12 WIB
Deteksi narkoba, satu terminal di tes urin
Deteksi narkoba, satu terminal di tes urin
A A A
Sindonews.com - Untuk mendeteksi pengguna narkoba oleh awak angkutan umum, Polres Enrekang menggelar tes urin di Terminal Enrekang, Sulawesi Selatan. Tak tanggung-tanggung, dari sopir hingga penumpang ikut dites urin.

Pemeriksaan urin dimulai sekira pukul 09.00 Wita, Kamis (28/2/2013), dipimpin langsung Kapolres Enrkang, AKBP Ika Waskita bersama Kepala Dishub Enrekang, Kasmin Karumpa.

Satu per satu para pengguna jasa terminal yang menjadi sasaran tes urin diambil datanya. Setelah itu, secara bergiliran mereka diambil sampel urinnya kemudian akan diperiksa di laboratorium dinas kesehatan (Dinkes) Enrekang.

Kapolres Enrekang, AKBP Ika Waskita menyatakan, sasaran tes urine kali ini yakni sopir angkutan umum, penumpang umum hingga tukang ojek yang mangkal di terminal Enrekang.

Dalam melakukan tes urine, pihaknya juga tidak melakukan pemaksaan tetapi dari kesadaran sendiri para sopir angkutan, penumpang dan tukang ojek. Usai sampel urine diambil, sopir dan penumpang juga diperiksa kesehatannya.

Menurut Ika, tes urine di kalangan sopir angkutan, penumpang dan tukang ojek digelar guna mendeteksi adanya pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan sopir angkutan.

“Ada puluhan sopir dan penumpang diambil tes urinnya. Tes urin ini diprioritaskan bagi para sopir. Hasil tes urine baru bisa diketahui setelah diperiksa di laboratorium Dinkes,” ujar Kapolres di Terminal Enreka.

Dikatakan Ika, pihaknya akan terus menggelar tes urine di setiap terminal angkutan yang ada di kabupaten Enrekang dengan sasaran sopir angkutan dari berbagai trayek.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3065 seconds (0.1#10.140)