Produk UMKM Jabar Laris Manis di Ajang MotoGP Mandalika

Selasa, 22 Maret 2022 - 01:43 WIB
loading...
Produk UMKM Jabar Laris Manis di Ajang MotoGP Mandalika
Produk UMKM yang dipajang di stand Jabar dalam ajang MotoGP Mandalika ludes terjual hanya dalam satu hari. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Ajang MotoGP yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) benar-benar membawa multiplier effect atau efek berganda, khususnya bagi sektor perekonomian dan pariwisata. Terbukti, stand Jawa Barat (Jabar) yang hadir dan menawarkan beragam produk UMKM di Sirkuit Mandalika laris manis.

Bahkan, hanya dalam satu hari, seluruh stok produk UMKM, mulai dari kaos, sepatu, hingga kopi ludes terjual. Kehadiran stand Jabar di ajang Mandalika Experience Expo 2022 tersebut merupakan hasil kolaborasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar dan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) serta Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat (Kreasi).



Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, stand Jabar yang berlokasi di area parkir timur Sirkuit Mandalika itu diisi beragam produk lokal serta promosi pariwisata. Sedikitnya 108 destinasi pariwisata unggulan Jabar dipromosikan melalui stand itu.

"Alhamdulillah, banyak produk kita yang diminati. Sampai hari pertama saja, stok kita habis terjual karena memang produknya berkualitas. Contoh ya, kaus, sepatu, kopi Jabarano. Ada foodtruck juga, termasuk produk yang bertema otomotif dan MotoGP Mandalika," tutur Benny, Senin (21/3/2022).

Selain laris manis, lanjut Benny, stand Jabar yang hadir sejak 18 Maret hingga 20 Maret 2022 kemarin itu juga sukses meraih prestasi sebagai juara pavorit. Penggabungan etalase produk UMKM dan promosi wisata di stand Jabar, kata Benny, menjadi perhatian panitia.

Tercatat, ada sekitar 50.000 kunjungan selama tiga hari event itu digelar. Selain itu, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar, ada 60 produk ekonomi kreatif unggulan yang diperkenalkan maupun dijual langsung on the spot di stand Jabar itu.

"Semoga event ini menjadi salah satu upaya kita untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata dan ekomomi kreatif. Ini juga tak lepas dari hubungan baik kita dengan Pemprov NTB," ungkap Benny. Baca juga: Nonton MotoGP Mandalika, Tiara Andini dan Alshad Ahmad Terciduk Gandengan Tangan

Benny berharap, upaya tersebut juga bisa turut memperkenalkan potensi destinasi wisata di Jabar. Apalagi, tahun ini, pihaknya menargetkan sekitar 40 juta orang berwisata di Jabar yang dikenal dengan keindahan gunung, rimba, laut, pantai, dan aungainya atau dikenal dengan istilah Gurilaps.

"Jawa Barat menargetkan 40 juta kunjungan wisatawan nusantara pada tahun 2022, sehingga event akbar bersakala international ini mempunyai potensi yang luar biasa untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Jabar, baik itu kepada wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara," kata Benny.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)