Infrastruktur Jaringan Telkom Siap Dukung Smart City saat New Normal

Selasa, 16 Juni 2020 - 23:55 WIB
loading...
Infrastruktur Jaringan Telkom Siap Dukung Smart City saat New Normal
Webinar Smart City yang digelar Telkom. Foto/Humas Telkom
A A A
BANDUNG - PT Telekomunikasi Indonesia Regional 3 Jawa Barat memastikan kesiapan infrastruktur jaringan untuk mendukung konsep smart city di sejumlah daerah menghadapi kondisi new normal.

Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar Mohamad Khamdan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur Telkom untuk mendukung smart city di Jabar melalui solusi-solusi, connectivity, content, dan collaboration. (BACA JUGA: Kementan Perketat Pengawasan Masuknya Komoditas Pertanian Ilegal di Masa Pandemi )

"Kesiapan infrastruktur di antaranya berupa dukungan coverage 100% fiber optik seluruh Jabar. Juga ketersediaan data center yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh pemerintah daerah. Sehingga pemda tidak perlu membangun sendiri data center," kata Khamdan dalam webinar Smart City sebagaimana siaran pers diterima SINDOnews, Selasa (16/6/2020). (BACA JUGA: Belum Ada Zona Hijau di Jabar, Gubernur Tak Izinkan Sekolah Dibuka )

Menurut dia, beberapa solusi content & collaboration juga telah siap untuk diimplementasikan. Di antaranya untuk sektor pendidikan, yaitu PPDB Online dan Platform Pijar Sekolah yang saat ini telah dimanfaatkan oleh 150 sekolah di Jabar.

Kemudian untuk kesehatan, melalui layanan call center Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), e-Puskesmas, dan DigiClinic. (BACA JUGA: Catat! Ini 3 Modus Siswa Titipan saat PPDB Online )

Terakhir, untuk Government dan Smart Desa, diantaranya berupa infrastruktur internet sampai desa, solusi e-kelurahan, e-Office, dan e-Arsip.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto mengemukakan, dukungan portfolio Telkom dalam pembangunan smart city berupa Surveillance System, Platform Solusi Kesehatan, dan Platform Solusi Pendidikan.

“Melalui infrastruktur dan layanan ICT terbaik, Telkom optimistis pembangunan smart city dapat diimplementasikan di berbagai aspek pemerintahan sehingga aktivitas dapat terlaksana lebih efektif dan efisien," ujar Achmad Sugiarto.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jabar Setiaji mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan pembelajaran sangat baik untuk penerapan smart city.

Seperti beberapa solusi adaptif yang sudah diterapkan di Provinsi Jabar di masa Pandemi Covid-19 yakni Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar) dan 5 Command Center tersebar di beberapa kota/kabupaten.

Webinar ini menghadirkan Pemateri-pemateri ahli di bidangnya. Antara lain, Komisaris Independen Telkom selaku Penggagas Gerakan 100 Smart City Indonesia Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, dan Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto.

Kemudian, Executive Vice President Telkom Regional 3 Jabar Mohamad Khamdan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jabar Setiaji ST MSi, Wali Kota Cimahi Ir H Ajay M Priatna MM, dan Smart City Development Telkom Wahyu.

Sebanyak 30 peserta terdiri atas pimpinan daerah, kepala dinas kota & kabupaten, akademisi, dan pemerharti smart citymengikuti webinar secara interaktif melalui CloudX dan live streaming Cognitium Studio.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)