Erosi Mengancam, Komunitas Pecinta Motor Tua Reboisasi Gunung Puntang

Senin, 21 Maret 2022 - 10:45 WIB
loading...
Erosi Mengancam, Komunitas Pecinta Motor Tua Reboisasi Gunung Puntang
Perayaan Hari Jadi ke-10 BB1%MC di Gunung Puntang, Kabupaten Bandung. Foto/BB1%MC
A A A
BANDUNG - Selain menjadi salah satu tempat wisata favorit di kawasan Bandung selatan, Gunung Puntang memiliki banyak situs bersejarah . Konon katanya, di tempat ini dulu terbangun stasiun radio bernama Stasiun Radio Malabar yang merupakan stasiun radio terbesar se-Asia Tenggara. Siaran Radio Malabar di klaim mampu mencapai kerajaan Belanda pada masanya.

Namun, di balik keindahan dan catatan sejarah Gunung Puntang, ancaman erosi terus mengintai. Kondisi itulah yang membuat ratusan anggota komunitas pecinta motor tua, Bikers Brotherhood 1% MC (BB1%MC) menggelar kegiatan reboisasi, agar lingkungan sekitar Gunung Puntang dapat terjaga dan lestari.

Baca juga: Asyik Pesta Terlarang di Kamar Kos, 7 Muda-mudi Digelandang Tim Maung Galunggung

Kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi ke-10 BB1%MC West Java Chapter dan bagian program Bakti Untuk Negeri yang diusung oleh komunitas pecinta motor tertua dan terkemuka di Indonesia itu.

"Penanaman pohon ini juga bagian dari mitigasi bencana yang menjadi fokus kami dalam program Brotherhood For Rescue And Disaster (BFRAD) karena reboisasi adalah salah satu pencegahan bencana longsor," ujar Vice President BB1%MC West Java Chapter, Adi Ochun F Wijaya dalam keterangan resminya, Senin (21/3/2022).

Menurut Ochun, Gunung Puntang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan sangat penting diketahui oleh masyarakat dimana di kawasan tersebut dulunya terdapat bangunan stasiun radio terbesar yang menjadi saksi sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

"Gunung Puntang juga memiliki history yang kental dengan BB1%MC Indonesia karena kerap menjadi tempat acara BB1%MC Indonesia, sehingga kedekatan dengan masyarakat sekitar pun telah terbangun kuat," katanya.

Dalam peryaaan hari jadi yang juga dihadiri Wakil Bupati Bandung, Syahrul Gunawan akhir pekan kemarin itu, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial, di antaranya sunatan massal untuk anak warga sekitar Gunung Puntang hingga pembagian sembako.

"Kami berharap, seluruh agenda yang diselenggarakan ini bisa ditularkan kepada seluruh organisasi lainya dan saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam acara ini, terutama warga Gunung Puntang," katanya.

Ochun juga mengatakan bahwa dalam perayaan Hari Jadi ke-10 BB1%MC West Java Chapter, pihaknya mengusung tema besar, yakni "Sacred Soul Our Motherland" yang memiliki makna kesucian jiwa terhadap tanah kelahiran BB1%MC Indonesia dan kesakralan Bandung sebagai tanah suci BB1%MC Indonesia yang harus dijaga oleh seluruh member.

"Bukan berarti Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia hanya di Bandung saja, namun tersebar di seluruh Nusantara dengan 19 Chapter. Ini yang menjadi kekuatan kami untuk menjaga kesakralan dari Motherland," tegasnya.

Dalam momentum hari jadi ini, tambah Ochun, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan kegiatan sosial kemanusian di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belum usai. BB1%MC sendiri, kata Ochun, telah melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Berkolaborasi dengan organisasi kemanusiaan bentukan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, pihaknya telah menyelenggarakan 3.000 dosis vaksinasi, bantuan alat kesehatan, distribusi sembako kepada masyarakat di 27 kabupaten/kota di Jabar, hingga turut serta dalam mendukung pencapaian 1 juta vaksin booster yang telah dilakukan di Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

"Oleh karenanya, dalam Perayaan Hari Jadi ke-10 BB1%MC West Java Chapter, kami juga mengusung tema "West Java Toward To Endemic" dengan harapan menjadi semangat bagi masyarakat dalam mewujudkan status endemi COVID-19 di Indonesia," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)