Hadiri Haul Agung Sunan Ampel, Khofifah Doakan Keselamatan Bangsa

Sabtu, 19 Maret 2022 - 14:42 WIB
loading...
Hadiri Haul Agung Sunan Ampel, Khofifah Doakan Keselamatan Bangsa
Gubernur Jawa Timur (Jatim) menghadiri peringatan Haul Agung Sunan Ampel ke-545 di kompleks makam Sunan Ampel di Surabaya, Jumat (18/3/2022) malam. Foto SINDOnews
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) menghadiri peringatan Haul Agung Sunan Ampel ke-545 di kompleks makam Sunan Ampel di Surabaya, Jumat (18/3/2022) malam. Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Jatim itu mengajak jamaah yang hadir untuk mendoakan keselamatan bangsa, utamanya agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Kita berdoa agar pandemi COVID-19 bisa terus segera berlalu dari bumi Indonesia dan Jawa Timur. Sehingga masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitas ekonomi dan sosial keagamaan semacam ini. Dan alhamdulilah Haul ini bisa berjalan dengan tertib dan disiplin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.



Khofifah menyebut, Sunan Ampel merupakan sosok yang patut ditauladani sebagai penyebar agama Islam dengan cara yang arif bijaksana. Menurutnya, Sunan Ampel merupakan sosok ulama yang begitu dihormati dan dicintai masyarakat, bahkan hingga saat ini.

"Jika Raden Rahmat Rahmatullah atau Sunan Ampel nantinya bisa masuk ke Surga, semoga kita semua disini beserta segala amal ibadah kita bisa membawa kita ke rombongan beliau," harapnya.

Khofifah menambahkan, terdapat lima ajaran dalam dakwah Sunan Ampel yang disampaikan kepada masyarakat, yang dikenal Moh Limo. Yaitu moh madat (jangan mengkonsumsi narkoba), moh mabuk (jangan bermabuk-mabukan), moh maling (jangan mencuri), moh madon (jangan zina dan mempermainkan perempuan) dan moh main (jangan main judi).

“Sunan Ampel adalah sosok yang sangat dihormati secara keilmuan dan dikenal luas mengajarkan budi pekerti akhlak yang baik bagi masyarakat. Semoga kita semua yang hadir di sini bisa meneladani sikap dan sifat beliau khususnya mengamalka Moh Limo,” pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)