Sunan Kalijaga, Penyebar Islam di Jawa dan Legenda Santri Dikutuk Jadi Monyet

Sabtu, 19 Maret 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Karya
Sunan Kalijaga merupakan seorang ahli budaya, yang mengenalkan agama secara luwes tanpa menghilangkan adat-istiadat atau kesenian daerah (adat lama yang ia beri warna Islami). Dia menciptakan baju taqwa. Ia juga pencipta seni ukir bermotif daun-daunan.

Karya lain adalah tiang Masjid Demak yang terbuat dari tatal, gamelan Naga Wilanga, gamelan Guntur Madu, gamelan Nyai Sekati, gamelan Kyai Sekati, wayang kulit Purwa, baju takwa, kain balik, tembang Dhandhanggula dan syair-syair pesantren. Di dalam tembang Dhandhanggula tergambar makna-makna kehidupan.

Sunan Kalijaga memerintahkan sang murid bernama Sunan Bayat untuk membuat bedug di masjid guna mengerjakan shalat berjamaah. Selain itu membuat acara ritual berupa gerebeg Maulud yang asalnya dari tabligh atau pengajian akbar yang diselenggarakan di Masjid Demak untuk memperingati Maulud Nabi.

Ia dikenal juga sebagai pencipta gong sekaten atau Gong Syahadatain (dua kalimah syahadat) yang jika dipukul akan berbunyi dan bermakna bahwa “mumpung masih hidup agar berkumpul masuk agama Islam”. Tercatat pula sebagai pencipta wayang kulit di atas kulit kambing juga sebagai dalang (dari kata dalla’ yang berarti menunjukkan jalan yang benar).

Di antara para wali sembilan, Sunan Kalijaga merupakan sosok wali yang berjiwa besar, pemimpin, mubaligh, pujangga dan filsuf, yang berdakwah di area yang luas. Saat melakukan tabligh, Sunan Kalijaga senantiasa diikuti oleh para kaum ningrat dan pelajar.

Kaum bangsawan dan cendekiawan amat simpatik kepada beliau, karena arena caranya beliau menyiarkan agama Islam yang disesuaikan dengan aliran zaman. Dia adalah seorang wali yang kritis, banyak toleransi dan pergaulannya dan berpandangan jauh ke masa depan. Ia seorang wali yang ternama serta disegani.

Ia terkenal sebagai seorang pujangga yang berinisiatif mengarang cerita-cerita wayang yang disesuaikan dengan ajaran Islam dengan lain perkataan. Dalam cerita wayang itu dimaksudkan sebanyak mungkin unsur-unsur ke-Islam-an, hal ini dilakukan karena pertimbangan bahwa masyarakat di Jawa pada waktu itu masih tebal kepercayaannya terhadap Hinduisme dan Buddhisme, atau tegasnya Syiwa Budha. Dengan kata lain, masyarakat masih memegang teguh tradisi-tradisi atau adat istiadat lama.

Cerita wayang itu antara lain Jimat Kalimasada dan Dewa Ruci serta Petruk Jadi Raja dan Wahyu Widayat, serta sebagai ahli dalam hal pengaturan istana atau kabupaten dengan alun-alun serta pohon beringin dan masjid.

Masyarakat saat itu masih suka kepada pertunjukan wayang, gemar kepada gamelan dan beberapa cabang kesenian lainnya. Oleh karena itu mendorong Sunan Kalijaga sebagai salah seorang mubaligh memeras otak, mengatur siasat, yaitu menempuh jalan mengawinkan adat istiadat lama dengan ajaran-ajaran Islam.

Petilasan Sunan Kalijaga
Petilasan Sunan Kalijaga dan Situs Taman Kera di Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat menjadi bukti jika Sunan Kalijaga turut menyebarkan Islam di pesisir utara Pulau Jawa. Menurut legenda yang dikenal masyarakat, kera ekor panjang di Taman Kera dan Petilasan Sunan Kalijaga itu adalah wujud 99 santri yang dikutuk Sunan Kalijaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1395 seconds (0.1#10.140)