Tingkatkan Kompetensi, 1.000 Guru Milenial Diberi Pelatihan

Selasa, 15 Maret 2022 - 22:40 WIB
loading...
Tingkatkan Kompetensi, 1.000 Guru Milenial Diberi Pelatihan
Dalam rangka meningkatkan kompetensi, ribuan guru diberi pelatihan secara daring. Foto ist
A A A
BOGOR - Dalam rangka meningkatkan kompetens i, ribuan guru diberi pelatihan secara daring. Pelatihan bertajuk '#Sahabat1000Guru' ini dilakukan melalui kerja sama Guru Binar dan Bank Sampoerna.

Henky Suryaputra, Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna mengatakan, ada 1.000 guru yang berasal dari hampir 100 sekolah akan mengikuti pelatihan. Beberapa sekolah tersebut di antaranya sekolah-sekolah di bawah Yayasan Perguruan Cikini dan Yayasan Mulia Wacana Bandung, SMAN 72 Jakarta, SMKN 41 Jakarta, SMK Islam Malahayati, serta SMP Ignatius Slamet Riyadi.



Kondisi pandemi COViD-19 yang berkepanjangan, jelas Henky, menyebabkan kegiatan belajar mengajar masih banyak dilakukan melalui daring. Proses pembelajaran secara daring sendiri tentunya sangat berbeda dengan pembelajan secara tatap muka.

"Untuk itu, sangatlah tepat apabila Bank Sampoerna mengadakan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar,” ucap Henky, Selasa (15/3/2022).

Lanjut Henky, Guru Binar yang merupakan platform online pengembangan profesional guru pertama di Indonesia, menyediakan materi pelatihan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru. Melalui Guru Binar, guru peserta pelatihan memiliki kebebasan untuk memilih modul pelatihan yang dirasa paling diperlukan serta memilih waktu pelatihan seturut kesibukan masing-masing.

Masing-masing modul memerlukan jam pelatihan dan tenggang waktu penyelesaian yang berbeda. "Sertifikat yang dikeluarkan oleh Guru Binar dan diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, akan diberikan ke setiap guru yang menyelesaikan pelatihan dalam tenggang waktu yang diberikan," ungkapnya.

Untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan sosialiasi program dan pemapaparan mekanisme pelatihan ke berbagai sekolah yang terlibat secara tatap muka (offline) maupun dari (online).

Salah satu kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara virtual pada tanggal 11 Maret 2022. Sosialisasi ini melibatkan tidak kurang dari 350 guru. Selain itu, juga hadir antara lain Putoyo HS selaku Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Jakarta Timur, Sapto Riyadi selaku Kepala Seksi Pendidikan Dasar dan Luar Biasa Wilayah II Jakarta Timur, Gina dan Elnandha selaku perwakilan dari Guru Binar serta Ridy Sudarma selaku Corporate Communications & Investor Relations Bank Sampoerna.

“Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi guru sehingga secara langsung meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar dan mutu pendidikan kita,” ujar Ridy Sudarma secara virtual di hadapan peserta sosialisasi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)