Berlakukan Penerbangan Tanpa PCR, Jumlah Penumpang di Bandara Naik 18 Persen

Senin, 14 Maret 2022 - 16:57 WIB
loading...
Berlakukan Penerbangan Tanpa PCR, Jumlah Penumpang di Bandara Naik 18 Persen
Suasana Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Jumlah penumpang melonjak setelah penerbangan tanpa PCR diberlakukan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Pasca pemberlakuan aturan perjalanan baru yang diterapkan sejak 8 Maret 2022 di Bandara Sultan Hasanuddin , managemen PT Angkasa Pura I membukukan adanya kenaikan jumlah penumpang pesawat.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi mengatakan, dalam enam hari pemberlakuan sistem tersebut, tercatat jumlah penumpang Bandara Sultan Hasanuddin sejak tanggal 8-13 Maret 2022 sebanyak 154.443 penumpang. Atau terjadi kenaikan sekitar 18%.



"Bila dibandingkan sebelum pemberlakuan penghapusan PCR 6 hari lalu, jumlah penumpang hanya berkisar 130.747 penumpang," jelasnya.

Dia menjelaskan, pada periode yang sama, tercatat pergerakan pesawat sebanyak 1.149 pergerakan. Naik 6% dibandingkan dengan minggu lalu yaitu sebanyak 1.081 pergerakan. Untuk kargo, tercatat sebanyak 1.596 ton naik 12% dibandingkan dengan minggu lalu yaitu sebanyak 1.404 ton.

“Antusias masyarakat terhadap aturan perjalanan yang baru saja diterapkan terlihat dari persentase kenaikan jumlah penumpang di bandara. Rata-rata penumpang saat ini mencapai 25.000 penumpang. Semoga ini merupakan awal baik untuk kedepannya," ujarnya.

Wahyudi mebambahkan, saat ini pihak bandara masih mengoperasikan 4 Boarding Gate dari total 6 Boarding Gate.

"Apabila ada penumpukan penumpang, Boarding Gate 5-6 akan dibuka sebagai mitigasi untuk mengurai penumpang di ruang tunggu. Selain memaksimalkan penggunakan Boarding Gate, kami juga akan berkoordinasi dengan maskapai terkait operasional counter check in agar tidak menimbulkan penumpukan penumpang pada saat check in," jelasnya.

Penumpang dihimbau untuk mengisi terlebih dahulu EHAC pada aplikasi peduli lindungi untuk melakukan pengecekan status layak terbang sehari sebelum keberangkatan. Jika layak terbang (warna hijau), penumpang bisa langsung melakukan check in di counter check in.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5317 seconds (0.1#10.140)