Peringatan Hari Bakti Rimbawan, Masyarakat Bersihkan Pantai Salira

Minggu, 13 Maret 2022 - 10:37 WIB
loading...
Peringatan Hari Bakti Rimbawan, Masyarakat Bersihkan Pantai Salira
Aksi masyarakat dan aktivis lingkungan melakukan kegiatan bersih pantai atau coastal clean up di kawasan pantai KRU Salira Kecamaran Puloampel kabupaten Serang Provinsi Banten.Foto/ist
A A A
SERANG - Masyarakat dan aktivis lingkungan melakukan kegiatan bersih pantai atau coastal clean up di kawasan pantai KRU Salira Kecamaran Puloampel kabupaten Serang Provinsi Banten, Sabtu (12/3/2022). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda Peringatan Hari Bakti Rimbawan Tahun 2022 sekaligus menyongsong Presidensi G20 Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan bagian upaya kita menumbuhkan kesadaran semua pihak, supaya terus membersihkan pantai Salira agar bebas dari polusi plastik dan polutan lain," kata Santoso Wibowo selaku koordinator kegiatan.

Kami bersama masyarakat melakukan pemantauan sampah laut dan pembersihan, di lokasi masih banyak ditemukan sampah berjenis plastik. sampah yang paling banyak dijumpai dan memiliki kepadatan tertinggi berasal dari jenis plastik bekas bungkus makanan dan minuman.

Baca juga: Fakta-fakta Pengendara Harley Davidson Tabrak Bocah Kembar hingga Tewas, Nomor 1 Bikin Nangis

Lebih lanjut, Santoso menegaskan upaya penanganan sampah seperti ini tidak hanya parsial dan dilakukan saat ini saja. Harapannya terus-menerus dilakukan sehingga menjadi sebuah gerakan yang rutin dilakukan di kecamatan Puloampel yang bersinergi dengan pihak Desa, Kecamatan,BPBD Kabupaten Serang serta Unsur TNI dan Polri.

Santoso juga menyampaikan bahwa sampah yang bermuara di pesisir dan laut ini sekitar berasal dari daratan. Sampah plastik yang dijumpai di suatu lokasi pesisir dan laut juga bersifat lintas, yang dapat berpindah dari satu wilayah pesisir ke wilayah pesisir lainnya mengikuti pola arus laut.

"Oleh karena itu, dalam penanganannya harus menyeluruh hulu-hilir, dengan kerja-kerja dan kerja kolaborasi yang sifatnya kolektif semua pihak," tutup Santoso
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)