Pencurian marak, polisi instruksikan tembak di tempat

Kamis, 24 Januari 2013 - 13:42 WIB
Pencurian marak, polisi instruksikan tembak di tempat
Pencurian marak, polisi instruksikan tembak di tempat
A A A
Sindonews.com - Maraknya aksi pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) yang meresahkan masyarakat, membuat berang Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Musi Rawas (Mura), AKBP M Barly Ramadhani.

Akibatnya, Barly Ramdhani berang dengan aksi pencurian tersebut, sehingga mengintruksikan tembak di tempat pelaku kejahatan curas, curat, dan kejahatan lainnya.

"Saya tegaskan perintah tembak di tempat kepada pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat, sehingga memberikan efek jera," kata Barly di Polres Mura, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (24/1/2013).

Menurut Barly, polisi akan menggiatkan patroli bersama masyarakat agar meminimalisir kasus kejahatan di pemukiman dan di jalan raya yang meresahkan dan marak terjadi. Namun, diimbau masyarakat tidak main hakim sendiri.

"Giat patroli dan bersama masyarakat melakukan pengamanan siskamling untuk meminimalisir kasus kejahatan yang marak terjadi giat dilakukan aparat kepolisian. Masyarakat diimbau melaporkan aksi kejahatan yang terjadi secara cepat kepada aparat kepolisian," ucapnya.

Selain itu, Polres Mura juga telah membentuk tim khusus (timsus) untuk menangani kasus curas, curat, dan aksi kejahatan lainnya di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum). Yang jelas timsus telah berberapa kali melakukan pengungkapan kasus kejahatan dan semua karena peran aktif masyarakat.

Sementara itu, Supono, warga F Trikoyo mengatakan, aksi kejahatan curas dan curat sudah sangat meresahkan masyarakat. Bahkan, setiap minggunya aksi kejahatan sering terjadi.

"Kami kesal pak, sehingga secara pro aktif membentuk siskamling secara rutin untuk meminimalisir kejahatan. Bahkan aparat kepolisian turut melakukan patroli ke pos siskamling yang ada," ujarnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura, Al Imron Harun menegaskan, aksi kejahatan memang sekarang marak terjadi di Kecamatan Tugumulyo. Bahkan, aksi pelaku curas dan curat tidak pandang bulu lagi.

"Saya sendiri turun langsung dan ikut serta dalam pengamanan di pemukiman dengan membentuk pos penjagaan di wilayah-wilayah yang diindikasikan rawan. Dan aparat polsek setempat juga melakukan giat patroli," imbuhnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8133 seconds (0.1#10.140)