Antusiasme Masyarakat Ikuti Donor Darah Kaliber Community di Losari

Sabtu, 12 Maret 2022 - 08:47 WIB
loading...
Antusiasme Masyarakat Ikuti Donor Darah Kaliber Community di Losari
Salah seorang warga mengikuti aksi donor darah yang diselenggarakan oleh Kaliber Community di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar, Sabtu (12/3/2022). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Aksi donor darah yang diselenggarakan Kaliber Community (Sikka-Lio Bersaudara) mendapatkan respons positif oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Tampak masyarakat antusias mengikuti kegiatan sosial yang digelar di Anjungan Pantai Losari, Kota Makassar , Sabtu (12/3/2022).

Ketua Dewan Pembina Kaliber Community, Pius J Armstrong, mengaku tidak menduga dengan persiapan yang singkat, tapi kegiatan sosial ini dapat terlaksana sukses serta didukung oleh pemerintah dan masyarakat. Tidak sedikit peserta merupakan masyarakat umum yang tengah berolahraga di Anjungan Pantai Losari.



"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kegiatan ini mendapatkan respons dari pemerintah kota maupun pemerintah kelurahan. Masyarakat juga antusias, dimana orang yang ikut (donor darah) tidak kami bayangkan. Ya, meski persiapan cuma sepekan, tapi ini di luar dugaan," ungkapnya.

Ia menjelaskan lewat pelaksanaan aksi donor darah , pihaknya ingin mengajarkan terkait berbagi kepada sesama dan generasi pelanjut tanpa embel-embel politik. Panitia kegiatan sendiri dalam dua jam berhasil mengumpulkan 40-an kantong darah dan kemungkinan terus bertambah lantaran aksi donor darah ini masih berlangsung hingga siang.

Kaliber Community, ia menyebut adalah organisasi wadah informasi dan komunikasi masyarakat Kabupaten Sikka, khususnya Maumere yang berdomisili di Kota Makassar. Organisasi ini dipimpin oleh Petrus Hengki, didampingi oleh Alres Ronaldy (sekretaris) dan Alfrina Theresia (bendahara), dimana programnya fokus ke aksi sosial.

Khusus aksi donor darah, Kaliber Community menargetkan akan rutin menyelenggarakan, paling tidak enam bulan sekali. Selain itu, pihaknya mengagendakan aksi berbagi kepada warga Sikka di Makassar menjelang bulan suci Ramadan.

"Terkait program pemerintah yakni vaksinasi juga akan kami upayakan. Semoga bisa kami laksanakan, baik vaksinasi dosis pertama, kedua, dan booster," ungkapnya.

Ketua panitia, Ius Kaytimu, menyampaikan aksi donor darah ini dapat terselenggara sukses berkat dukungan Pemkot Makassar dan Pemerintah Kelurahan Losari, serta PMI Sulsel. Selain itu, juga didukung oleh DPD Setya Kita Pancasila Makassar dan Polsek Ujung Pandang.

"Terima kasih kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota serta Lurah Losari yang telah memberikan fasilitas tempat kontainer dalam kegiatan donor darah . Begitu juga dukungan masyarakat NTT, khususnya Kabupaten Sikka," ungkapnya.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Darah di RS, Warga Tompobulu Donor Darah

Sementara itu, Lurah Losari, Muhammad Farid Kasim, mengapresiasi pelaksanaan aksi donor darah yang dilakukan oleh Kaliber Community. Kegiatan tersebut dinilainya sangat bermanfaat, apalagi dilaksanakan di kontainer kelurahan, yang juga membuktikan kontainer kelurahan punya banyak manfaat.

Ia menyebut masyarakat di wilayahnya antusias mengikuti donor darah di kawasan Losari. Buktinya, ada sejumlah warganya yang melapor langsung kepadanya setelah mengikuti aksi sosial tersebut.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)