Kembali Datangi Wadas, Ganjar Komitmen Dampingi Warga

Kamis, 10 Maret 2022 - 11:24 WIB
loading...
Kembali Datangi Wadas, Ganjar Komitmen Dampingi Warga
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan warga Desa Wadas, Purworejo, Rabu (9/3/2022). Ganjar berkomitmen mendampingi warga, baik yang pro maupun kontra tambang batu andesit. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PURWOREJO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali mengunjungi Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Rabu (9/3/2022). Ganjar berdialog dengan warga pro dan kontra tambang batu andesit untuk pembangunan Bendungan Bener .

Dalam pertemuan hampir 2 jam itu, Ganjar mendengarkan beragam alasan warga mendukung pembangunan Bendungan Bener dan merelakan tanahnya dibeli pemerintah. Di akhir dialog, warga meminta pembayaran ganti untung dipercepat. "Dipercepat, Pak... Kalau bisa sebelum Lebaran," ungkap mereka.

Ganjar pun berdialog dengan warga kontra penambangan batu andesit. Warga yang kontra tetap menolak menjual lahannya. Sejumlah alasan yang disampaikan, yakni takut pada dampak lingkungan, kekhawatiran kehilangan lahan pertanian, hingga tidak transparannya pelaksana kegiatan yakni Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak.

Salah seorang warga, Fahrur menyampaikan sakit hatinya karena dibohongi kepala desanya sendiri. Ia bercerita, kades setempat bisa menang pemilihan kepala desa karena menandatangani kontrak politik untuk menolak tambang.

"Ternyata setelah jadi kades malah pro, ini menyakiti kami, rakyat diapusi pak. Mohon maaf yang sebenernya yang ngapusi kami bukan Pak Ganjar tapi kades kami sendiri," ujar Fahrur.

Tokoh masyarakat Desa Wadas, Gus Fuad berharap agar kegiatan apapun baik pengukuran tanah maupun patroli polisi bisa berhenti selama Ramadhan. "Agar warga bisa beribadah dengan tenang, Pak Gub," ujarnya dalam dialog yang berakhir pukul 22.00 WIB tersebut.

Kepada warga, Ganjar berjanji terus mendampingi mereka, baik yang pro maupun kontra. Ia akan terus membuka ruang dialog dengan warga pro dan kontra agar tercapai solusi bersama.

Selanjutnya Ganjar akan mengklarifikasi ke pihak-pihak terkait agar mendapat data sejelas-jelasnya. "Ada banyak informasi yang baru saya dengar hari ini dari bapak ibu semua. Ada juga pertanyaan yang belum bisa saya jawab," paparnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)