KM Putra Barokah yang Hilang Kontak Akhirnya Ditemukan, 19 ABK Selamat

Selasa, 08 Maret 2022 - 14:54 WIB
loading...
KM Putra Barokah yang Hilang Kontak Akhirnya Ditemukan, 19 ABK Selamat
Tim SAR berhasil menemukan keberadaan KM Putra Barokah SN di perairan Karawang. Foto/ist
A A A
BANDUNG - KM Putra Barokah SN yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak di perairan Indramayu akhirnya berhasil ditemukan pada Selasa (8/3/2022). Kapal ditemukan dalam keadaan baik dan seluruh anak buah kapal (ABK) berjumlah 19 selamat.

Informasi dari Kantor Basarnas Bandung, pada pukul 08.37 WIB, Tim SAR gabungan berhasil berkomunikasi dengan nahkoda kapal Dasman via telepon. Dilaporkan, KM Putra Barokah SN mengalami kerusakan di bagian kelistrikan saat akan menuju Sungai Buntu.

Baca juga: Basarnas Kerahkan Helikopter, Cari Kapal Motor Hilang Kontak di Laut Indramayu

"Pada pukul 09.35 WIB, helikopter telah melakukan pencarian dengan hasil, crew melihat KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari Karawang, " jelas Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah.

Selanjutnya pada Pukul 10.00 WIB Tim SAR Gabungan dari Sungai Buntu bergerak menuju KM Putra Barokah SN di perairan Tanjung Sedari menggunakan 2 unit LCR. Pukul 10.25 WIB Tim SAR tiba di KM Putra Barokah SN pada koordinat 5°56'52"S - 107°18'37"E dalam kondisi aman. "Total ada 18 ABK dan seluruhnya dalam kondisi selamat dan sehat," katanya.

Atas temuan itu, selanjutnya Tim SAR gabungan di Eretan berkoordinasi dengan pihak vendor VMA terkait operasional alat pemancar sinyal yang digunakan KM Putra Barokah SN.

"Sehubungan dengan berhasil menemukan KM Putra Barokah SN dengan 19 POB dalam keadaan selamat dan sehat maka pada pukul 13.30 WIB maka dilakukan penghentian operasi SAR. Selanjutnya seluruh unsurs SAR kembali ke kesatuannya masing-masing," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)