Bupati Wajo Minta Komite Sekolah Berkontribusi Dukung Kemajuan Pendidikan

Senin, 28 Februari 2022 - 23:32 WIB
loading...
Bupati Wajo Minta Komite Sekolah Berkontribusi Dukung Kemajuan Pendidikan
Bupati Wajo, Amran Mahmud, meminta seluruh komite sekolah di wilayahnya ikut mendukung kemajuan pendidikan daerah. Foto: SINDOnews/M Reza Pahlevi
A A A
WAJO - Bupati Wajo, Amran Mahmud , meminta seluruh komite sekolah di wilayahnya ikut mendukung kemajuan pendidikan daerah. Salah satu caranya dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah dalam melakukan program-program pendidikan.

Hal itu disampaikan Bupati Amran saat memberikan pengarahan dalam dialog pendidikan yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (28/2/2022).

“Pendidikan itu sangat kompleks, sehingga tidak bisa berjalan sendiri dengan hanya satu OPD yang bekerja. Harus ada dukungan dari seluruh pemangku kepentingan yang terkait,” ungkap dia.

Baca Juga: Tiga Kantor Lurah di Kecamatan Tempe Wajo Terancam Roboh

Orang nomor satu di Wajo itu mendorong adanya sinergi dan kolaborasi antar-semua elemen dalam memajukan pendidikan. Toh, lewat kerja sama, maka ide dan gagasan muncul sehingga pengembangan mutu pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dapat dicapai

"Tentu kita ingin agar SDM pendidikan juga mampu beradaptasi dengan perkembangan yang saat ini semakin cepat sehingga bisa menemukan metode mengajar dan mentransfer ilmu yang sesuai dengan kondisi saat ini," katanya.

Bupati Amran menaruh asa melalui dialog pendidikan yang bertema 'Optimalisasi Komite Sekolah untuk Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan' itu mampu melahirkan catatan dan rekomendasi untuk pengembangan pendidikan di Kabupaten Wajo.

Baca Juga: Pemkab Wajo Bertekad Pertahankan Predikat Opini WTP

"Salah satu pihak yang tentu kita harapkan dukungan dan kontribusi terbaiknya selain kepala sekolah adalah komite sekolah. Apalagi, dengan adanya legalitas melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permemdikbud) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah akan lebih menguatkan keberadaan komite sekolah," jelasnya.

Permendikbud tersebut, lanjut Bupati Amran , sudah merevitalisasi peran komite sekolah dengan prinsip gotong-royong.

"Dengan prinsip tersebut, komite sekolah akan mampu memaksimalkan perannya dalam peningkatkan mutu sekolah dengan baik dalam penggalangan dana, maupun pengawasan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan dengan tetap berpedoman pada Permendikbud," tutupnya.

(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2327 seconds (10.177#12.26)