KM Sumber Kharisma Tenggelam di Selat Malaka, 9 ABK Nekat Ceburkan Diri ke Laut

Senin, 28 Februari 2022 - 19:04 WIB
loading...
KM Sumber Kharisma Tenggelam di Selat Malaka, 9 ABK Nekat Ceburkan Diri ke Laut
KM Sumber Kharisma Tenggelam di Selat Malaka, 9 ABK nekat ceburkan diri ke laut hingga berhasil diselamatkan TNI AL Lanal Lhokseumawe bersama nelayan setempat. Foto: Istimewa
A A A
LHOKSEUMAWE - Kapal Motor (KM) Sumber Kharisma mengalami kecelakaan laut , 16 Mil dari daratan Peureulak, Aceh Timur , Senin (27/2/2022). Kapal ikan itu mengangkut 9 Anak Buah Kapal ( ABK ) dan nahkoda.

Beruntung, 9 ABK dan nahkoda kapal yang tenggelam di Perairan Selat Malaka itu berhasil diselamatkan dan dievakuasi setelah nekat menceburkan diri ke laut dan diselamatkan nelayan yang melintas.

Lanal Lhokseumawe melalui Pos TNI AL Idi Rayeuk bersama nelayan setelah mendapat laporan tersebut bergerak cepat ke lokasi dan berhasil mengevakuasi korban ke daratan.

KM Sumber Kharisma Tenggelam di Selat Malaka, 9 ABK Nekat Ceburkan Diri ke Laut


Danposal Idi Rayeuk Letda Laut (E) Mustamin melaporkan, kesiapan melaksanakan SAR dengan Patkamla Hantu Laut, namun karena cuaca ekstrim, maka Kapal Patkamla Posal Idi Rayeuk sangat beresiko mengalami kecelakaan laut.

"Sehingga Komandan Posal berkoordinasi dengan Nelayan setempat untuk menyiapkan beberapa kapal besar untuk mengevakuasi para ABK KM. Sumber Kharisma yang tenggelam," katanya.

Kolonel Marinir Dian Suryansyah dalam keterangan persnya menyampaikan, kronologis terjadinya kecelakaan KM. Sumber Kharisma yang tenggelam terjadi pada Minggu dini (27/2/2022) pukul 05.00 WIB.



"KM. Sumber Kharisma yang sedang lego jangkar di Perairan Ujung Peureulak sekitar 16 Nmi dari daratan ditabrak oleh Kapal sejenis Tanker yang bergerak dari timur ke barat sehingga mengakibatkan bagian belakang KM. Sumber Kharisma mengalami retak dan bocor kemasukan air. Selanjutnya pukul 05.10 WIB KM. Sumber Kharisma segera hidup mesin dan bergerak menuju arah daratan terdekat dengan Kecepatan 7 Knot," bebernya.

Sekira pukul 12.00 WIB kapal tidak bisa bergerak lagi karena mesin mati. Kapal terapung-apung dan tidak lama kemudian tenggelam sekitar 3 NMi dari daratan Idi Rayeuk, salah satu nelayan Bapak Hasbi menolong sembilan ABK yang sebelumnya melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

"Pada pukul 21.30 WIB, seluruh ABK KM. Sumber Kharisma yang berjumlah sembilan orang berhasil selamat setelah dievakuasi mengguanakan kapal nelayan oleh Pers TNI AL Lhokseumawe dan dibawa ke Pos TNI AL Idi Rayeuk, Aceh Timur," ungkapnya.


Sebelum bantuan datang, para ABK dan Nahkoda KM. Sumber Kharisma menyelamatkan diri dengan cara menceburkan diri ke laut sebelum diselamatkan oleh bapak Hasbi nelayan Idi Rayeuk, setelah berhasil menolong para ABK, boat/kapal bapak Hasbi juga mengalami kerusakan patah kemudian akibat cuaca ekstrim.

"Personil maupun Alutsista TNI AL akan memaksimalkan misi kemanusiaan yang merupakan salah satu implementasi pelaksanaan perintah pimpinan TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono kepada jajarannya," tandas Danlanal Kolonel Marinir Dian Suryansyah.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7120 seconds (0.1#10.140)